Trauma Tsunami, Ribuan Warga Banyuwangi Mengungsi

Informasi adanya tsunami di Laut Selatan membuat panik warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

oleh Tim Liputan 6 SCTV diperbarui 03 Apr 2014, 13:53 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2014, 13:53 WIB
Antisipasi Tsunami Banyuwangi - Liputan6 siang
(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Banyuwangi - Informasi adanya tsunami di Laut Selatan membuat panik warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Para warga bergegas menuju tempat pengungsian di balai desa dinihari tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (3/4/2014), para warga trauma dengan bencana tsunami yang pernah menerjang Dusun Pancer pada 1994 yang menewaskan ratusan warga.

Berbeda dengan di Banyuwangi, aktivitas warga di Pantai Hamadi, Jayapura, Papua, berjalan seperti biasa.

Menurut Hendrik Loupatty, petugas analisa dari BMKG Wilayah V Jayapura, Papua, warga tidak perlu panik. Hal itu dikarenakan tsunami yang datang sebagai dampak gempa di Chile hanya 10 cm.

Situasi yang sama juga terlihat di Pantai Depok, Bantul, DIY, para nelayan tetap pergi melaut. Demikian pula para pedagang di tepi pantai yang tetap berjualan seperti biasa karena banyak wisatawan datang berkunjung. (Yus Ariyanto)

 

Baca Juga:

BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami Chile di Indonesia

Tsunami Kiriman Chile Tiba di Bali, Aktivitas Pantai Normal

Ini Daerah di Indonesia yang Berpotensi Tsunami Kiriman Chile

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya