Senjata Ini Bisa Hancurkan GBK dengan Sekali Tembak

Senjata milik TNI AD yang berbentuk truk dengan pelontar roket di belakangnya ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 12 Des 2014, 16:24 WIB
Diterbitkan 12 Des 2014, 16:24 WIB
Senjata TNI AD
Multiple Launcher Rocket System (MLRS) milik TNI AD. (Ahmad Romadoni/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki Indonesia kian canggih saja. TNI AD bahkan sudah memiliki senjata dengan daya hancur dan jarak tempuh fantastis.

Senjata ini bernama Multiple Launcher Rocket System (MLRS). Senjata berbentuk truk dengan pelontar roket di belakangnya ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuannya bahkan bisa meratakan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta hanya dengan sekali tembak.

"Kalau yang ini jarak tempuhnya maksimal 85 km. Daya ledaknya 2 hektare sekali tembak, ya kira-kira Monas dan GBK langsung hancur," kata pengemudi MLRS Serka Rusmiyanto di Pemeran Alutsista TNI AD, Monas, Jakarta, Jumat (12/12/2014).

Senjata ini berbentuk truk besar penggerak 6 roda. Pada bagian belakang, terdapat peluncur roket dengan kecepatan luncur hanya 16 detik.

"Kita sudah punya 18 unit sekarang dari kebutuhan 38 unit. Sekarang yang sedang kita pesan daya jangkaunya sampai 300 km. Jadi kita keker dari jauh menggunakan GPS, koordinatnya sekian tinggal tembak," ungkap dia.

Senjata yang biasa disebut Astrod (Artelery Saturation Rocket System) itu kini berada di satuan Arteleri Medan yang berbasis di Cimahi, Jawa Barat.

"Sebelum di sini, ini juga sudah dipamerkan di HUT TNI kemarin. Ini memang baru datang Oktober," tandas Rusmiyanto.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya