Air Zamzam Palsu, Polisi Jakpus Tetapkan 5 Tersangka

Berbekal air mineral, para tersangka memalsukan air zamzam lengkap dengan label bertuliskan huruf Arab.

oleh Liputan6 diperbarui 03 Apr 2015, 03:11 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2015, 03:11 WIB
Zam-Zam
(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta - Polres Jakarta Pusat menggelar hasil penggerebekan produksi air zamzam palsu, minyak zaitun dan madu yang berlabel dari Timur Tengah. Selain menyita barang bukti, polisi juga meringkus 5 tersangka.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (2/4/2015), berbekal air mineral, para tersangka memalsukan air zamzam lengkap dengan label bertuliskan huruf Arab. Begitu pula pada produk minyak zaitun yang sebenarnya minyak goreng biasa dan juga dilengkapi pita cukai.

Para tersangka akan dijerat dengan pasal berlapis, di antaranya pemalsuan produk dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Kasus serupa pernah terjadi pada awal Januari 2014 di Semarang, Jawa Tengah. Untuk itu pihak Kementerian Agama meminta masyarakat untuk teliti sebelum membeli air zamzam yang beredar di Tanah Air. Diharapkan pula masyarakat mengenali ciri khas air zamzam.

Sementara para pedagang kurma dan air zamzam di Pasar Tanah Abang beraktivitas seperti biasa. Mereka tidak terpengaruh dengan penggerebekan produksi air zamzam palsu oleh polisi. Mereka meyakini air zamzam yang dijual adalah asli yang didatangkan dari Arab Saudi.

Namun demikian, terbersit sedikit rasa khawatir jika kasus air zamzam palsu itu menyebabkan menurunnya omzet penjualan mereka. (Dan/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya