Ketua DPR Nilai Penambahan Cuti Lebaran Bantu Perekonomian Daerah

Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah tidak bimbang terkait kebijakan menambah cuti bersama pada Lebaran 2018.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Mei 2018, 07:46 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2018, 07:46 WIB
Seminar dan Lokakarya bertajuk Kartini di Era Digital
Ketua DPR Bambang Soesatyo memberi sambutan saat seminar di Jakarta, Rabu (25/4). Seminar ini meneladani Kartini karena, berkat perjuangannya, perempuan Indonesia memiliki berbagai keistimewaan, salah satunya di bidang politik. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo meminta pemerintah tidak bimbang terkait kebijakan menambah cuti Lebaran 2018. Menurutnya, kebijakan tersebut berdampak positif kepada perekonomian di daerah.

"Menurut saya keputusan itu baik ya, karena kami berharap banyaknya libur lebaran itu membantu perputaran ekonomi menyebar ke daerah," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menilai semakin banyak waktu cuti lebaran yang diberikan kepada pekerja dari Jakarta di kampungnya, maka makin baik untuk perekonomian di daerah.

"Semakin lama semakin baik. Tinggal mengatur ritme para pengusaha," ujarnya.

Di sisi lain, semakin banyak waktu libur bagi pekerja juga akan meningkatkan semangat kerja mereka. Hal ini dianggap positif bagi produktivitas perusahaan.

"Setelah libur pasti ada semangat kerja yang tinggi. Kedua bisa menghemat listrik dan lain-lain. Toh listrik dan upah harian tidak keluar," terang Bamsoet.

Dia meyakini, penambahan cuti lebaran ini tidak akan mengganggu opersional perusahaan-perusahaan. Pihak perusahaan hanya tinggal mengatur mekanisme kerja secara bergiliran untuk mengantisipasi para pekerja mereka yang tidak masuk.

"Diatur saja mekanisme pabrik-pabrik untuk menggilir, kalau memang tidak bisa dihentikan intensitas produksinya, itu bisa dibikin bergiliran. Itu pernah kok berkali-kali. Kami pernah mengalami itu," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemerintan-Pengusaha Belum Komunikasi

Ketua DPR Terima Kunjungan Duta Besar RRT
Ketua DPR, Bambang Soesatyo saat menerima Duta Besar RRT Xiao Qian di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu (18/4). Pertemuan tersebut membahas hubungan kedua negara sekaligus bertukar pandangan terkait parlemen kedua negara. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakil Ketua Umum Kadin ini mengakui belum ada komunikasi formal yang dilakukan pemerintah kepada pengusaha-pengusaha terkait penambahan waktu cuti. Tapi, Bamsoet yakin pemerintah telah menyerap aspirasi masyarakat sebelum mengeluarkan kebijakan tersebut.

"Saya meyakini pemerintah sudah menerima masukan dari masyarakat dan pengusaha," tandasnya.

Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi resmi mengumumkan penambahan cuti bersama Lebaran 2018 sebanyak 3 hari. Sehingga total cuti bersama Lebaran 2018 adalah 7 hari dari sebelumnya yang hanya 4 hari saja. Akan tetapi keputusan Jokowi mengenai penambahan cuti bersama Lebaran 2018 tersebut kabarnya akan direvisi menyusul permintaan DPR agar pemerintah mengkaji ulang penambahan cuti bersama tersebut.

 

Reporter: Renald Ghiffari 

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya