Jalur Karawang hingga Pantura Macet, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Kondisi itu terjadi seiring padatnya volume kendaraan yang mengarah ke jalur Pantura pada H -2 Lebaran, Rabu (13/6/2018).

oleh Abramena diperbarui 13 Jun 2018, 16:07 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2018, 16:07 WIB
H+6 Lebaran, Arus Balik Cikampek Arah Jakarta Padat Merayap
Arus lalu lintas dari Jalur Pantura Cikampek mengarah Jakarta terlihat macet di jalan Jendral Sudirman,Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (7/1). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Karawang - Arus lalu lintas kendaraan pemudik di Jalan Arteri Karawang dan Cikampek hingga jalur utama Pantura mengalami kemacetan cukup parah. Kondisi itu terjadi seiring padatnya volume kendaraan yang mengarah ke jalur Pantura pada H -2 Lebaran, Rabu (13/6/2018).

Dari pantauan di lapangan, lalu lintas kendaraan pemudik di sepanjang jalur arteri Karawang menuju Simpang Jomin terpantau merayap dan sesekali tersendat hingga menimbulkan antrean panjang.

Begitu juga di Simpang Jomin ke jalur Pantura tersendat akibat tingginya volume kendaraan serta adanya pertemuan arus dari dua arah, yakni dari jalan Arteri Karawang dan dari Gerbang Tol Cikampek.

Kendaraan yang melintas dari dua arah menuju jalur Pantura itu bertemu di satu titik, yaitu Simpang Jomin. Sehingga kondisi arus lalu lintas tersendat dan macet cukup parah.

Kemacetan dari Jalan Arteri Karawang-Cikampek, Simpang Jomin hingga ke jalur Pantura diperkirakan mencapai lebih dari 5 kilometer. Kondisi lalu lintas baru lancar saat memasuki wilayah Pantura Subang.

Salah satu penyebab kemacetan di jalur arteri adalah padatnya arus mudik di jalan tol Jakarta - Cikampek, sehingga banyak pengguna yang memilih untuk keluar dari jalan berbayar tersebut dan menggunakan jalur arteri.

Sementara mengantisipasi kemacetan lebih parah di jalur arteri, pihak Kepolisian Resor Karawang saat ini melakukan sejumlah upaya untuk mengurai macet. 

Diantaranya mengalihkan arus kendaraan roda dua menuju Pantura melalui jalur utara Karawang yaitu via Tanjung Pura - Telaga Sari - Cilamaya dan keluar di jalur Pantura Cikalong.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya