Wapres Iran Temui JK, Bahas Ekonomi hingga Nuklir

Wakil Presiden Iran Urusan Perempuan dan Keluarga Masoumeh Ebtekar menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Jul 2018, 21:10 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2018, 21:10 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu Wakil Presiden Iran Urusan Perempuan dan Keluarga Masoumeh Ebtekar
Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu Wakil Presiden Iran Urusan Perempuan dan Keluarga Masoumeh Ebtekar (Merdeka.com/ Intan Umbari)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Iran Urusan Perempuan dan Keluarga Masoumeh Ebtekar menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla. Keduanya membicarakan berbagai hal termasuk ekonomi dan perjanjian nuklir Iran.

"Untuk menyampaikan posisi kami terkait perkembangan terakhir soal kesepakatan nuklir dunia, khususnya penarikan diri AS dan bagaimana upaya-upaya yang berbeda harus dilakukan untuk mempertahankan non-proliferation deal, di mana kesepakatan internasional didasarkan pada Dewan Keamanan dan Resolusi (PBB), untuk melindungi perdamaian dan keamanan dunia saat ini," kata Ebtekar usai bertemu JK di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).

Dia menjelaskan, pertemuan tersebut juga menguatkan kerja sama di sektor perdagangan, ekonomi, politik, sosial serta ilmu pengetahuan antara Indonesia dan Iran.

"Bagaimana kita mempromosikan dan memperkuat kerja sama ini, dan juga isu soal perempuan dan keluarga (sosial)," papar Ebtekar.

Dia menjelaskan hal tersebut adalah kelanjutan dari pertemuannya bersama Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani pada tiga bulan yang lalu. Dalam kerja sama tersebut, Indonesia dan Iran melakukan kerja sama e-commerce seperti kerajinan tangan.

"Semakin artistik dan berstandar internasional juga dapat meningkatkan perdagangan antarnegara. Itulah mengapa itu salah satu alasan kenapa e-commerce menjadi area penting untuk dibahas oleh delegasi saya dari Iran," papar Ebtekar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Petroleum

Tidak hanya itu, pembicaraan juga membahas petroleum di Indonesia. Karena itu Ebtekar berharap ada kerja sama yang baik di bidang lain.

"Kita punya sejarah kerja sama yang panjang di bidang ini dan kami menunggu kerja sama yang lebih optimistis lagi di bidang ini," Ebtekar menandaskan.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya