Kunjungi Smesco, Atlet Thailand Borong Gantungan Kunci dan Tongsis

Choumphu mengaku membeli beberapa oleh-oleh cendera mata untuk ibunya di Thailand.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 28 Agu 2018, 17:35 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2018, 17:35 WIB
Atlet panahan asal Thailand, Choumphu, menghabiskan waktu berbelanja di Gedung Smesco Indonesia. Dia membeli sejumlah cinderamata untuk orangtuanya di Thailand. (DokDok Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah)
Atlet panahan asal Thailand, Choumphu, menghabiskan waktu berbelanja di Gedung Smesco Indonesia. Dia membeli sejumlah cinderamata untuk orangtuanya di Thailand. (Dok Kementerian Koperasi dan UKM)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kontingen atlet Asian Games dari berbagai negara memanfaatkan waktu luangnya di Indonesia dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Jakarta. Salah satu yang banyak dikunjungi adalah lokasi wisata belanja.  

Salah satu destinasi wisata belanja yang dikunjungi, yaitu Gedung Smesco Indonesia di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan.

Atlet panahan asal Thailand bernama Choumphu, menjadi salah satu atlet yang menghabiskan waktu berbelanja di gedung yang banyak menjual produk unggulan usaha kecil menengah (UKM) dari berbagai daerah itu.

Choumphu mengaku datang bersama empat rekan atlet panahan lainnya sambil mengenakan seragam dengan identitas peserta Asian Games dari Thailand.

Untuk menuju ke Gedung Smesco, dia mengaku menumpangi shuttle bus dari Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat ditemani duta pariwisata.

Selama menghabiskan waktu berbelanja di Smesco Indonesia, Choumphu bersama rekan-rekannya membeli lima produk. Khusus untuk dirinya, Choumphu membeli gantungan kunci bercorak etnik dan sebuah tongkat selfie (tongsis).

"Saya beli selfie stick, dan yang paling saya suka ini, gantungan kunci. Saya akan memberikannya untuk ibu saya," kata Choumphu sambil menunjukkan beberapa gantungan kunci yang dia beli.

Atlet asal negeri Gajah Putih itu mengaku, Smesco Indonesia jadi tempat belanja kedua yang ia kunjungi, setelah Grand Indonesia. Namun, dia mempunyai penilaian sendiri terhadap produk-produk yang dijual di Smesco.

Menurutnya, harga aneka produk yang dijual di sana lebih terjangkau dibandingkan dengan produk yang dijual di Grand Indonesia. "Saya lebih banyak beli di sini, karena di luar mahal,” ungkapnya sambil menunjukkan tas belanjanya.

Selain dari Thailand, Smesco Indonesia juga kedatangan tiga orang tamu belanja dari atlet panahan Hong Kong, dan seorang atlet bridge dari Pakistan, Agha Rubina.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Omzet Naik

Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi mengungkapkan, Asian Games 2018 mampu mendongkrak penjualan serta omzet dari produk UKM di Smesco Indonesia.

Selama lima hari dari awal pelaksanaan, omzet tercatat naik tajam hingga 110,8 persen jika dibandingkan lima hari akumulasi hari-hari biasa.

Kendati demikian, Emilia mengaku perlu ada upaya yang lebih masif dalam mempromosikan produk-produk Tanah Air terutama yang dipamerkan di Smesco.

"Kepedulian dinas koperasi dan UKM dari berbagai daerah belum optimal. Ada banyak barang yang habis tetapi tidak banyak yang masuk. Sirkulasi kurang cepat," tuturnya.

Beberapa produk yang menjadi primadona yang dijual di Smesco antara lain berbagai kerajinan asal Sulawesi Utara, Lombok dan Bali.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya