Tim SAR Deteksi Bangkai Pesawat Lion Air di Dasar Laut Tanjung Pakis

Kepala Badan SAR Marsekal Muda TNI (Marsda) M. Syaugi mengatakan, mengerahkan empat kapal untuk mencari puing-puing pesawat Lion Air.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 31 Okt 2018, 22:07 WIB
Diterbitkan 31 Okt 2018, 22:07 WIB
Kesedihan Keluarga Korban Lihat Barang Temuan Lion Air JT 610
Keluarga korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dikawal petugas melihat barang-barang temuan di Pelabuhan JICT 2, Jakarta, Rabu (31/10). 189 orang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 pada Senin (29/10) lalu. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Tim SAR gabungan mendeteksi bangkai pesawat Lion Air yang jatuh di Pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, berada di dasar laut. Hasil itu didapat setelah menyisir 400 meter dari lokasi penemuan serpihan pesawat.

Kepala Badan SAR Marsekal Muda TNI (Marsda) M. Syaugi mengatakan, hingga saat ini mengerahkan empat kapal untuk mencari puing-puing pesawat Lion Air. Tiga kapal dilengkapi peralatan Side-Scan Sonar, Multi-Beam Echosounder.

Ditambah satu kapal lagi mempunyai tambahan alat remotely operated underwater vehicle (ROV).

Dari penyisiran selama kurang lebih 12 jam perairan Tanjung Pakis Karawang, ditemukan berbagai bagian dari pesawat Lion Air serta beberapa properti yang diduga milik penumpang. Seluruhnya berada di dasar laut.

"Kita sudah bisa melihat dan menemukan hal-hal yang berkaitan dengan barang-barang penumpang. Apakah itu tadi lifejacket, celana, baju, dan lain-lain banyak tadi. Kita lihat di dasar laut, bukan di atas," ucap Syaugi dalam keterangan pers, Rabu (31/10/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Posisi Bangkai Pesawat

Di titik inilah yang akan menjadi fokus pencarian Tim SAR. Letaknya, kurang lebih 400 meter dari koordinat hilang kontak pesawat Lion Air.

"Arahnya ke barat laut. Kami yakin di sekitar situ pasti ada bangkai atau bagian-bagian pesawat yang besar," tukas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya