Amien Rais Akui Beri Saran Penganiayaan Ratna Sarumpaet Diangkat ke Permukaan

Amien Rais mengakui dirinya memberi saran agar pengakuan Ratna Sarumpaet jadi korban penganiayaan diangkat ke permukaan.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 04 Apr 2019, 14:27 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2019, 14:27 WIB
Amien Rais Jadi Saksi Ratna Sarumpaet
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais saat disumpah menjadi saksi dalam persidangan kasus berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (4/4). Sidang kali ini beragendakan pemeriksaan saksi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua MPR Amien Rais mengakui dirinya memberi saran agar pengakuan Ratna Sarumpaet jadi korban penganiayaan diangkat ke permukaan. Pengakuan itu diungkap Amien saat menjadi saksi dalam persidangan kasus hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet.

Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, hakim bertanya kepada Amien Rais, "Selain itu saksi sarankan lain ke beliau apa misalnya lapor polisi atau apa?"

"Saya bilang ini harus diangkat ke permukaan, ini penganiayaan tim pemenangan pilpres. Kemudian dia emang pas ditanya sudah lapor polisi belum? Belum kan emang enggak salah itu harus lapor dan sebaiknya lapor di sini saya kira lapor karena saya lihat keadaan seperti itu justru saya mengangkat keadaan ini supay tahu ada penganiaayaan dan proses hukum agar adil dan transparan," jawab Amien Rais, Kamis (4/4/2019).

Dalam keterangannya, Amien juga mengaku dirugikan dengan kebohongan Ratna Sarumpaet yang mengaku dianiaya ternyata melakukan operasi plastik.

"Apakah Anda merasa dirugikan karena pengakuan RS bohong?" tanya hakim.

"Ya jelas, artinya kita sudah menyampaikan sesuatu yang seperti itu tapi yang bersangkutan itu tidak seperti itu, saya minta maaf jadi logikanya seperti itu Pak. Terima kasih," jawab Amien Rais.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Kecewa Berat

Jaksa pun sempat bertanya kepada Amien Rais apakah dirinya kecewa dengan apa yang dilakukan Ratna Sarumpaet.

Amien Rais menjawab, "Iya kecewa berat menngapa seperti itu sampai ada bermacam teori. Ini mungkin ada kekuatan spiritual atau apa menyebabkan kemudian berpikirnya tidak logis dan sebagainya. Tapi yang jelas kami tetap bahwa telah terjadi penipuan."

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya