Prananda dan Puan Maharani Jadi Kandidat Ketua Harian PDIP

Hasto mengatakan jabatan ketua harian akan dibahas usai Megawai Soekarnoputri dikukuhkan sebagai Ketua Umum PDIP.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 08 Agu 2019, 04:07 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2019, 04:07 WIB
Puan Maharani
Menko PMK Puan Maharani membuka dan menjadi Pembicara Kunci dalam 'Seminar Women in Sport' yang diselenggarakan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Jakarta pada Rabu (31/7/2019). (Dok Kemenko PMK)

Liputan6.com, Bali - Dalam Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), jabatan Ketua Umum dipastikan akan jatuh ke tangan Megawati Soekarnoputri. Namun, wacana adanya ketua harian terus berhembus.

Dua nama disebut-sebut akan menduduki jabatan ini. Yakni Prananda Prabowo dan Puan Maharani. Terkait hal ini, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, ini akan terjawab dalam Kongres V.

"Itu dijawab pada hari kedua kongres. Nanti ya dijawab pada hari kedua," ucap Hasto di Grand Inna Bali Beach Hotel, Bali, Rabu (7/8/2019).

Hasto mengatakan jabatan ketua harian akan dibahas usai Megawai Soekarnoputri dikukuhkan sebagai Ketua Umum PDIP.

"Kan setiap ini ada momentum," kata Hasto.

Ketua DPP Djarot Saiful Hidayat mengatakan Prananda dan Puan adalah politikus handal.

"Prananda di partai juga lama. Mbak Puan juga. Mbak Puan itu sudah sejak SMA. Di PDIP tidak ada kader yang instan, selalu mulai dari bawah. Jadi menurut saya ya sangat berpeluang dan sangat pantas," kata Djarot.

Mantan Gubernur DKI itu, memandang, kakak beradik tersebut bukan menjual embel-embel cucu Presiden RI pertama Sukarno. Namun keduanya mengamalkan ajaran sang proklamator. "Kalau kita melihat Bung Karno bukan masalah sosok beliau aja ya, tapi juga dari ajarannya," tutur Djarot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Sosok Prananda dan Puan

Prananda Prabowo adalah putra Megawati dengan almarhum Surindro Supjarso.

Selama ini namanya memang jarang terdengar. Namun ketika PDIP sibuk menyiapkan kader yang akan menjadi pengganti Megawati pada periode mendatang, nama Prananda santer disebut. Prananda merupakan politisi PDIP. Kiprahnya di dunia politik tak perlu diragukan lagi.

Dia sudah lama terjun ke politik. Bahkan saat ini dia menjadi Ketua Bidang Ekonomi Kreatif PDIP periode 2015-2020. Selain dinilai pantas duduk di kursi ketum PDIP, Prananda juga memiliki potensi menjadi ketua harian partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Tentu saja itu hak prerogatif ketua umum untuk menentukan siapa yang akan menjadi ketua harian, walaupun memang santer terdengar nama Mas Prananda kuat," kata Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan PDIP Eva Kusuma Sundari.

Sedangkan Sosok Puan, juga digadang-gadang bisa menduduki posisi ini. Puan merupakan anak dari Megawati dan Taufik Kiemas. Dia memiliki banyak pengalaman di dunia politik.

Dia aktif berpolitik pada tahun 2006. Kemudian pada 2009, Puan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Dia terpilih dan duduk di Senayan.

Puan juga sempat menjabat sebagai ketua fraksi PDIP di DPR pada periode 2012-2014. Saat ini perempuan kelahiran 1973 ini menjadi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia. Dengan pengalamannya itu Puan dinilai cocok pimpin PDIP.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya