Sampah Sisa Unjuk Rasa di DPR Mencapai 17 Ton

Selain gedung DPR, timbunan sampah juga terlihat di Jalan Gatot Subtoto, Gerbang Pemuda dan sekitaran kawasan Semanggi.

oleh Fachrur RozieDelvira Hutabarat diperbarui 25 Sep 2019, 10:25 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2019, 10:25 WIB
Petugas Bersihkan Sampah Sisa Bentrok
Petugas membersihkan sampah sisa bentrok antara mahasiswa dan polisi dalam unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Bentrokan pada Selasa (24/9/2019) menyisakan sampah yang memenuhi kawasan di sekitar Gedung DPR. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mempercepat pembersihan sampah sisa unjuk rasa mahasiswa pada Selasa (24/9/2019) kemarin yang berlangsung hingga Rabu dini hari. Pagi ini, kawasan seputaran Gedung MPR/DPR yang menjadi lokasi konsentrasi massa terlihat telah kembali bersih.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, ketika konsentrasi massa mulai mencair, pihaknya langsung menerjunkan ratusan personel dan armada yang telah disiagakan sebelumnya.

"Jam 23.00 WIB, kami mulai bergerak membersihkan. Pagi ini tinggal finishing," kata Andono, Rabu (25/9/2019).

Dinas LH mengerahkan personel sebanyak 100 orang dan armada berupa 10 unit road sweeper atau mobil penyapu jalan, 2 unit truk sampah jenis compactor, 5 unit truk sampah jenis typer dan 4 unit pickup pengawas kebersihan kota.

"Sampah yang terkumpul mencapai 80 meter kubik atau sekitar 17 ton," kata Andono.

Selain di kawasan sekitar Gedung MPR/DPR, timbunan sampah juga terkonsentrasi di beberapa titik, seperti di Jalan Gatot Subtoto, Gerbang Pemuda dan sekitaran kawasan Semanggi.

"Umumnya sampah berupa batu-batu, kayu dan sisa makanan," kata Andono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Pulihkan Fungsi Taman

Hal senada disampaikan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara. Dia mengaku pihaknya menurunkan 300 personel gabungan untuk membersihkan sisa-sisa aksi mahasiswa.

"Hari ini kita turunkan 300 personel dari lingkungan hidup, kemudian juga dibantu oleh teman-teman PPSU kelurahan ada sekitar 100 orang," ujar dia di depan gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Selain membersihkan sisa-sisa aksi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan segera mengembalikan fungsi-fungsi taman yang dirusak massa.

"Termasuk dari Sudin Pertamanan akan kembalikan fungsi-fungsi taman, alhamdulillah yang kita tanamkan ada pohon bakung ya, kalau kita potong juga akan tumbuh kembali," kata dia.

"Jadi memang atasnya yang agak sedikit rusak. Tapi bisa kita potong, kita siram dan kita rawat, kembali lagi jadi baik untuk kawasan taman di sini," kata Bayu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya