Jokowi Sebut Sektor Pariwisata Banyuwangi Paling Siap New Normal

Jokowi juga menilai Banyuwangi salah satu daerah yang serius membenahi sektor pariwisata di tengah pandemi virus corona.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 25 Jun 2020, 19:44 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2020, 19:44 WIB
Jokowi saat mengunjungi Villa So Long dan Pantai So Long di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020).
Presiden Jokowi saat mengunjungi Villa So Long dan Pantai So Long di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020).(Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Banyuwangi merupakan daerah yang paling siap menerapkan new normal atau tatanan kehidupan untuk sektor pariwisata. Jokowi juga menilai Banyuwangi salah satu daerah yang serius membenahi sektor pariwisata di tengah pandemi virus corona.

Hal ini disampaikan Jokowi saat mengunjungi Villa So Long dan Pantai So Long di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020). Kunjungan Jokowi ini untuk melihat persiapan prakondisi sebelum memasuki fase new normal.

"Saya melihat di lapangan, Banyuwangi adalah daerah yang saya lihat paling siap menyiapkan menuju ke sebuah prakondisi menuju ke sebuah normal baru. Peran pemerintah daerah, peran masyarakat, saya lihat disini antisipasinya sangat bagus sekali," kata Jokowi di lokasi.

Selain itu, dia mengapresiasi pemerintah kabupaten Banyuwangi yang melibatkan masyarakat setempat dalam mengembangkan sektor pariwisata di daerahnya. Misalnya, hotel-hotel bertaraf bintang tiga ke bawah diberikan kepada masyarakat.

Sementara, hotel dengan taraf bintang empat ke atas diberikan perizinannya kepada investor. Dengan begitu, pemerintah daerah juga ikut membantu perekonomian masyarakat setempat.

"Saya kira proses seperti ini yang patut dicontoh oleh daerah yang lain," ucap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Beri Dukungan

Presiden Jokowi saat mengunjungi Villa So Long dan Pantai So Long di Kabupaten Banyuwangi
Presiden Jokowi saat mengunjungi Villa So Long dan Pantai So Long di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020).(Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi mendukung penuh apa yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam mengembangkan sektor pariwisata saat prakondisi menuju new normal. Menurut dia, persiapan prakondisi sebelum memasuki new normal sangat penting agar sektor pariwisata sudah siap apabila nantinya destinasi wisata dibuka untuk umum.

"Sehingga nantinya pada saat timing yang tepat dibuka betul-betul penuh, masyarakat dan terutama sektor pariwisatanya betul-betul sudah siap," jelas Jokowi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya