Baksos Hingga Lomba Antar Prodi, Meriahkan Dies Natalies PEP Bandung ke-1

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dengan mengusung tema Achieve It and Growing Stronger yang dipadu oleh Dianissa Scheherazade (Putri Indonesia Digital & Social Media 2020).

oleh stella maris pada 10 Sep 2020, 15:59 WIB
Diperbarui 10 Sep 2020, 16:20 WIB
PEP Bandung
Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dengan mengusung tema Achieve It and Growing Stronger yang dipadu oleh Dianissa Scheherazade (Putri Indonesia Digital & Social Media 2020).

Liputan6.com, Jakarta Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung merupakan politeknik di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Izin Pembukaan Program Studi Nomor 648/KPT/I/2019 Tanggal 26 Juli 2019. 

Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 6 Tahun 2020, serta statuta PEP Bandung tanggal 27 Februari 2020, ditetapkan bahwa Dies Natalis PEP Bandung jatuh pada 9 September 2020.

Tahun ini Dies Natalis PEP Bandung dilaksanakan mulai 2-9 September 2020. Sebagai wujud dalam kepedulian bangsa, PEP Bandung menyelenggarakan hari jadi yang pertama ini yang berfokus pada kepentingan lingkungan, baik untuk sumber daya manusia maupun sumber daya alam. 

Ada lima rangkaian acara dalam memperingati hari jadi PEP Bandung ini, mulai dari perlombaan antar program studi, medical check up, pengabdian masyarakat, bakti sosial, hingga seminar online.

Selain itu, ada tiga jenis perlombaan yang digelar yaitu video edukasi, cerdas cermat, dan jargon PEP Bandung. Cerdas cermat dilakukan dengan melibatkan para mahasiswa dan dosen PEP Bandung, baik dari program keahlian Teknologi Geologi, Teknologi Pertambangan, maupun Teknologi Metalurgi.

Medical check up merupakan kegiatan untuk memastikan tenaga pendidik yang ada di lingkungan PEP Bandung memiliki kesehatan yang baik, sehingga akan berdampak pada optimalisasi pelayanan terhadap para stakeholder PEP Bandung.

Pengabdian masyarakat yang diselenggarakan PEP Bandung kali ini berjudul Aksi Nyata Citarum Bersih dan Pemanfaatan Sampah Organik untuk Media Tanam. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Pesawahan, Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung pada (7/9).

Bakti sosial menjadi kontribusi langsung PEP Bandung terhadap masyarakat sekitar. Mengangkat tema PEP Bandung Peduli Covid-19, kegiatan bakti sosial dilakukan dengan memberikan starter kit yang berisi masker, vitamin, dan hand sanitizer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

PEP Bandung
Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dengan mengusung tema Achieve It and Growing Stronger yang dipadu oleh Dianissa Scheherazade (Putri Indonesia Digital & Social Media 2020).

Untuk diketahui kegiatan terakhir yang dilakukan dalam memperingati hari jadi PEP Bandung yang pertama adalah seminar online. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dengan mengusung tema Achieve It and Growing Stronger yang dipadu oleh Dianissa Scheherazade (Putri Indonesia Digital & Social Media 2020).

Seminar ini dihadiri oleh Kepala  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral, civitas akademika PEP Bandung, para dosen PEP Bandung, serta seluruh mahasiswa PEP Bandung. Dalam kegiatan ini, PEP Bandung mengundang dua orang narasumber.

Pemaparan pertama dibawakan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T. dengan mengangkat judul Peran Pendidikan Vokasi dalam Menciptakan SDM Unggul yang Siap Kerja.

Pemaparan kedua dibawakan oleh Abdul Nasir Maksum, S.H selaku General Manager/Division Head Human Capital & Learning Division PT Pamapersada Nusantara dengan judul Penerapan Lulusan Pendidikan Vokasi dalam Industri Pertambangan.

Dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan tersebut secara resmi Dies Natalis PEP Bandung ditutup oleh perwakilan Direktur PEP Bandung pada Rabu (9/9) pukul 12.00.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya