Stabilkan Harga Bahan Pokok, PAN Dinilai Konkret Bantu Rakyat

Program PANsar murah untuk memberikan stimulus stabilitas harga bahan pokok sebagai turunan kontribusi partai dalam menguatkan program stabilisasi bahan pokok yang dirancang Zulhas.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Jul 2023, 15:58 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2023, 13:19 WIB
Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) memimpin langsung pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg)
Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) memimpin langsung pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) partainya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) dinilai melakukan langkah konkret dalam membantu rakyat. Kebijakan Ketua Umum PAN yang menjalankan amanah sebagai Menteri Perdagangan Zulkifli hasan memberikan dampak simultan terhadap upaya stabilitas kebutuhan bahan pokok.

Tokoh Pemuda Pandeglang, M. Najmi Arafat mengatakan keberhasilan tersebut memantik hadirnya dukungan besar untuk PAN, khususnya dari kalangan anak muda di Banten. Mereka menilai PAN memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian masyarakat.

"PAN sangat membantu masyarakat, salah satunya mengendalikan harga bahan pokok yang mana menjadi kebutuhan dasar," kata M. Najmi Arafat, Sabtu (29/7/2023)

PAN memiliki program yang memberi dampak nyata terhadap ekonomi mikro. Program PANsar murah untuk memberikan stimulus stabilitas harga bahan pokok sebagai turunan kontribusi partai dalam menguatkan program stabilisasi bahan pokok yang dirancang Zulhas.

Adapun Zulhas telah merancang empat langkah strategis untuk melakukan stabilisasi bahan pokok melalui Kementerian Perdagangan. Pertama, melalui pemantauan pasar dan harga. Ini dilakukan secara real time melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP)

Kedua, optimalisasi pemanfaatan Gerai Maritim. Ini diselenggarakan dengan memanfaatkan tol laut, jembatan udara, serta subsidi angkutan darat untuk menekan disparitas harga yang ada di wilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP).

Ketiga, pengendalian harga juga dilakukan melalui kebijakan impor. Langkah ini diambil berdasarkan hitungan kebutuhan bahan pokok guna meredam harga yang bergejolak

Keempat, untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan dengan pemanfaatan sistem resi gudang (SRG). dapun SRG dimanfaatkan sebagai buffer stock bahan pokok di Tanah Air. Saat ini, terdapat 112 gudang SRG untuk menampung beras, gula, bawang merah, ayam, dan kedelai.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kuatkan Ekonomi Mikro

Empat gagasan strategis tersebut menguatkan ekonomi mikro. Dalam hal ini, stabilitas harga bahan pokok.

"Itu pencapaian yang luar biasa (menurunkan harga bahan pokok). Alhamdulillah beliau (Zulkifli Hasan) berhasil menurunkan harga agar terjangkau oleh masyarakat," ucapnya.

Oleh sebab itu, melihat kerja nyata tersebut membuatnya memutuskan mendukung penuh PAN untuk Pemilu 2024 mendatang. Dukungan yang diberikan menurutnya bentuk kepedulian pemuda dalam berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap negara,” ungkapnya.

Infografis  Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya