Warga Bekasi Ikut Laporkan Rocky Gerung Terkait Dugaan Hina Presiden Jokowi

Dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh Rocky Gerung (RG) yang viral di media sosial, turut menyeret amarah publik.

oleh Jonathan Pandapotan PurbaBam Sinulingga diperbarui 02 Agu 2023, 04:05 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2023, 04:05 WIB
Aliansi warga Kota Bekasi cinta damai menyambangi Polres Metro Bekasi Kota untuk melaporkan RG atas dugaan ujaran kebencian terhadap Presiden Jokowi (Liputan6.com/Bam Sinulingga)
Aliansi warga Kota Bekasi cinta damai menyambangi Polres Metro Bekasi Kota untuk melaporkan RG atas dugaan ujaran kebencian terhadap Presiden Jokowi (Liputan6.com/Bam Sinulingga)

Liputan6.com, Jakarta - Dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh Rocky Gerung (RG) yang viral di media sosial, turut menyeret amarah publik.

Salah satunya aliansi warga Kota Bekasi Cinta Damai yang terdiri dari berbagai profesi, seperti pegadang, ojol, buruh, dan lain-lain. Mereka melaporkan RG ke Polres Metro Bekasi Kota atas dugaan ujaran kebencian.

Pernyataan RG di acara konsolidasi Akbar aliansi aksi sejuta buruh di Bekasi itu, dianggap telah merendahkan martabat Presiden sebagai simbol negara.

"Ya sangat tidak etis kalau simbol negara dihina. Karena Presiden Jokowi itu dipilih oleh 50 persen lebih rakyat Indonesia. Apakah pantas (dihina), karena terpilihnya demokrasi," kata Parlan, perwakilan warga kepada awak media, Selasa (1/8/2023).

Ia berujar, ujaran kebencian sangat berbahaya karena mampu memecah belah bangsa. Negara pun sejatinya memberikan kebebasan berpendapat, namun tetap harus dalam koridor Pancasila dan UUD 1945.

"Apakah gak tahu, bahwa dasar negara kita yang mengatur tentang kehidupan berbangsa adalah Pancasila. Dasar hukum itu menjadi falsafah. Apakah gak tahu, bahwa negara kita untuk mengatur sendi ketatanegaraan, mengatur bangsa ini, hak dan kewajiban yang diatur dalam UUD 1945, itu udah harga mati," paparnya.

Parlan menyebut pernyataan RG telah membuat kisruh dan memantik amarah banyak pihak. Menurutnya, segala bentuk ujaran kebencian dan fitnah yang ditujukan kepada simbol negara, tak bisa ditolerir dan harus ditindak tegas.

Karena itu ia meminta aparat kepolisian agar menindaklanjuti dugaan penghinaan oleh RG yang dilaporkan masyarakat maupun kalangan tertentu.

"Bukti banyak, yang viral ada YouTube, IG, koran online, itu saya bawa. Tapi kebetulan sama peristiwa yang dilaporkan oleh Polres Bekasi dan Polri dan Polda, sama deliknya. Jadi kita koordinasi dan mengawal masalah ini," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Viral

Diketahui, video Rocky Gerung berorasi di depan massa buruh, Senin 31 Juli 2023, viral di media massa usai diposting salah satu akun YouTube.

Dalam orasinya, pengamat politik itu menyinggung Jokowi atas kunjungannya ke China. Ia juga menyebutkan Jokowi dengan kata-kata yang dianggap tidak pantas dan terkesan menghina.

Selain itu, Rocky Gerung juga mengajak massa buruh untuk turun ke jalan pada 10 Agustus 2023 mendatang.

 

Infografis 3 Capres Teratas Hasil Musra Relawan Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Capres Teratas Hasil Musra Relawan Jokowi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya