PSI Sindir Regenerasi Ketum Parpol Mandek: Masa Harus Nunggu Enggak Ada di Dunia?

Partai Solidaritas Indonesia menekankan pentingnya regenerasi kepemimpinan partai. Maka itu ketua umum yang menjabat di PSI tidak lama, cukup satu periode atau lima tahun saja.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Agu 2023, 09:00 WIB
Diterbitkan 23 Agu 2023, 09:00 WIB
grace-6
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie Louisa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Partai Solidaritas Indonesia menekankan pentingnya regenerasi kepemimpinan partai. Maka itu ketua umum yang menjabat di PSI tidak lama, cukup satu periode atau lima tahun saja.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menekankan masalah partai di Indonesia adalah regenerasi kepemimpinan yang mandek. Kebanyakan ketua umum partai bahkan masih pada level para pendirinya.

"Partai-partai lain kan selama ini mandek regenerasinya, sekarang kebanyakan masih di level pendiri partai. Para ketua umum masih di level pendiri. Tak ada mekanisme untuk menyiapkan regenerasi padahal kan regenerasi itu penting ya," ujar Grace usai Kopdarnas PSI di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Grace telah menyerahkan tongkat kepemimpinannya sebagai ketua umum kepada Giring Ganesha pada kepemimpinan PSI periode saat ini.

Menurut Grace, regenerasi kepemimpinan penting supaya relevan dengan anak muda. Maka partai harus dipimpin oleh orang yang muda. Jangan pergantian ketua umum partai politik harus menunggu masa tua dan meninggal dunia lebih dahulu.

"PSI harus rutin regenerasi. Kita harus dorong anak muda, masa nunggu kita tua dan enggak ada di dunia ini baru tongkat estafetnya diserahkan?," ungkap Grace.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hanya Jabat Satu Periode Saja

Ketua Umum PSI Giring Ganesha mengaku hanya akan menjabat selama satu periode saja. Maka itu Giring akan berupaya membawa PSI untuk sampai ke parlemen.

"Satu periode cukup untuk jadi ketum dan sekarang memang saya harus selesaikan dan menangkan PSI," ujarnya.

Giring mengaku belum punya pilihan siapa yang akan melanjutkannya nanti.

Sebelumnya sosok aktivis dan politikus Budiman Sudjatmiko dikabarkan diplot menjadi ketua umum PSI. Budiman telah membantah kabar tersebut. "Oh enggak," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya