Cari Penyebab Kebakaran Museum Nasional Indonesia, Polisi Lakukan Olah TKP

Komarudin menyebut, olah TKP akan dilakukan pihaknya dengan menggandeng tim Pusat Laboratorium Polri (Puslabfor) dan tim investigasi yang dibuat oleh pengelola Museum Nasional Indonesia.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 17 Sep 2023, 09:22 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2023, 09:21 WIB
Museum Nasional Kebakaran
Salah satu bagian Museum Nasional masih terlihat kobaran api. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Polisi langsung bergerak pasca-kebakaran Museum Nasional Indonesia pada Sabtu, 16 September 2023 malam. Polisi berencana langsung menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari penyebab kebakaran tersebut.

"Iya, ada (olah TKP hari ini)," ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dikonfirmasi, Minggu (17/9/2023).

Komarudin menyebut, olah TKP akan dilakukan pihaknya dengan menggandeng tim Pusat Laboratorium Polri (Puslabfor) dan tim investigasi yang dibuat oleh pengelola Museum Nasional Indonesia.

"Hari ini akan turun tim labfor dengan tim yang memang nanti ditunjuk dari pengelola dari museum," kata dia.

Museum Nasional Indonesia kini ditutup sementara usai Gedung A Prasejarah atau dikenal Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat kebakaran pada Sabtu malam, 16 September 2023.

Pantauan Liputan6.com, pada pukul 08.20 WIB, Minggu (17/9/2023) bagian depan Museum Nasional dijaga ketat aparat kepolisian. Awak media pun belum diperkenankan untuk masuk.

Sementara itu, di bagian belakang gedung, terlihat garis polisi melintang di bekas robohan atap salah satu ruangan Museum Gajah sisa kebakaran. Asap juga nampak keluar dari puing-puing sisa kebakaran.

Pada pukul 08.28 WIB, petugas Pusat Laboratorium Forensik atau yang lebih dikenal Puslabfor Bareskrim Polri tiba di Musem Nasional Indonesia. Sekitar 5-6 petugas nampak memeriksa area Museum Gajah yang terbakar.

Saat ini, belum diketahui secara pasti pemeriksaan apa yang dilakukan tim Puslabfor Bareskrim Polri itu.

Selain Puslabfor, terlihat satu mobil PLN dan satu mobil pemadam kebakaran dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta juga disiagakan di lokasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kebakaran Museum Nasional

Kebakaran hebat melanda Gedung A Prasejarah Museum Nasional Indonesia atau biasa dikenal Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Sabtu malam (16/9/2023). Kebakaran itu pun menyebabkan atap salah satu ruangan yang merupakan tempat pameran benda prasejarah roboh.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkamart) Jakarta Pusat, Asril Rizal mengungkapkan kronologi terjadinya kebakaran. Menurut dia, informasi awal kebakaran Museum Nasional itu diterima petugas pada pukul 20.00 WIB.

"Objek kebakaran Gedung Blok A (ruang pamer koleksi museum. Jenis bangunan semi permanen)," kata Asril dalam keterangannya, Sabtu malam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya