Warisan Budaya Ritual Muwon Namo Hadir Lagi di Festival Suku Batin IX Kenduri Swarnabhumi 2024

Tanpa data yang aman dan terlindungi, operasional perusahaan dapat terganggu secara signifikan. Hal ini tidak hanya berpotensi menurunkan pendapatan, tetapi juga merugikan pelanggan secara langsung.

oleh Tim News diperbarui 22 Jul 2024, 20:47 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 21:35 WIB
Festival Suku Batin IX yang berlangsung pada 20-22 Juli 2024 di Desa Muaro Singoan ini menjadi festival budaya pertama dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024 yang turut didukung oleh Kemendikbudristek.
Festival Suku Batin IX yang berlangsung pada 20-22 Juli 2024 di Desa Muaro Singoan ini menjadi festival budaya pertama dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024 yang turut didukung oleh Kemendikbudristek. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Warisan budaya tradisi kuno Ritual Muwon Namo di Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi yang telah lama hilang kembali digelar pada Festival Suku Batin IX.

Festival Suku Batin IX yang berlangsung pada 20-22 Juli 2024 di Desa Muaro Singoan ini menjadi festival budaya pertama dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024 yang turut didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Ritual Muwon Namo merupakan warisan budaya yang dilakukan Suku Batin IX dalam permohonan kepada Sang Maha Kuasa untuk menurunkan hujan demi kesuburan dan berkah bagi tanah dan masyarakat.

"Ritual ini dihadirkan demi mengingat kembali nilai yang terkandung dalam warisan budaya masyarakat setempat," ujar Direktur Lokal Festival Kabupaten Batanghari Agung Habibilah, yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Minggu (21/7/2024).

Dia lalu memberikan alasan terhadap pelestarian ritual Muwon Namo yang disajikan dalam festival ini.

"Ritual Muwon Namo ini sudah lama ditinggalkan masyarkat. Namun, melalui festival ini, kita menunjukkan kepada masyarakat bahwa kebudayaan yang diwariskan leluhur perlu kita jaga dan lestarikan," ucap Agung.

Agung berharap, dengan dilaksanakannya Ritual Muwon Namo di Festival Suku Batin IX ini bisa memberi gambaran betapa pentingnya menjaga nilai-nilai leluhur.

Dia menilai, Ritual Muwon Namo perlu dipandang sebagai warisan budaya yang perlu dijaga agar memberi dampak positif bagi keberlanjutan kearifan lokal.

"Semoga tradisi kita dikenal masyarakat luas, tidak hanya masyarakat Jambi tapi masyarakat luar berbagai daerah," tutup Agung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada Persiapan Khusus yang Dilakukan

Festival Suku Batin IX yang berlangsung pada 20-22 Juli 2024 di Desa Muaro Singoan ini menjadi festival budaya pertama dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024 yang turut didukung oleh Kemendikbudristek.
Festival Suku Batin IX yang berlangsung pada 20-22 Juli 2024 di Desa Muaro Singoan ini menjadi festival budaya pertama dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024 yang turut didukung oleh Kemendikbudristek. (Ist)

Pemimpin Ritual Muwon Namo Festival Suku Batin IX Datuk Raden Sulaiman menambagkan, perlu persiapan khusus untuk menggelar ritual dan asal muasal ritual Muwon Namo.

"Ritual Muwon Namo membutuhkan persiapan khusus. Beberapa bahan yang harus disediakan antara lain minyak wangi, kemenyan, kapur sirih, dan kain hitam. Persiapan ini penting untuk memastikan ritual berjalan dengan khidmat dan lancar," urai pria bergelar adat Datuk Raden Mudo Mulyo ini.

Dia menyebut, ritual ini dilaksanakan di pinggir Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari, terutama saat musim kemarau dengan tujuan untuk meminta hujan demi membantu pertanian tumbuh subur.

"Adapun warisan lisan asal usul ritual ini dimulai dari pasangan suami-istri Suku Batin Sembilan yang tinggal di tengah hutan," ucap Datuk Raden.

"Sang istri menemukan dua telur ular yang dibawa kerumah dan tak sengaja dikonsumsi oleh suaminya. Seketika sang suami merasakan panas pada tubuhnya dan terus menerus meminum air hingga aliran air sekitar habis," sambung dia.

 


Lakukan Ritual Panggil Hujan

Waspada Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hingga April 2022
Pengendara sepeda motor melintas saat hujan disertai angin kencang terjadi di Jalan Raya Casablanca, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/2022). Cuaca ekstrem disebabkan oleh adanya dinamika atmosfer di Samudera Hindia wilayah Sumatera hingga Selatan Bali. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Atas dasar itu, lanjut Datuk Raden Sulaiman, sang istri mengambil kuali dapur (wadah memasak telur) sebagai media melaksanakan ritual memanggil hujan. Ritual inilah yang diyakini sebagai ritual yang dilakukan Raden Ontar.

"Raden Ontar ini anak dari Raden Nagosari yang merupakan keturunan Kerajaan Majapahit," kata dia.

Agung memaparkan, Raden Ontar memiliki sembilan anak bernama Singo Jayo, Singo Jago, Singo Pati, Singo Arum, Singo Besak, Singo Laut, Singo Delago, Singo Mangolok, dan Singo Ano.

Kesembilan sungai yang dikenal dalam cerita mereka, lanjut dia, antara lain Sungai di Jebak, Sungai di Desa Muaro Singoan, Sungai di Bahar, Sungai Serisak, Sungai Cikadas, Sungai Pemusiran, Sungai Burung Hantu, Sungai Muara Bulian, dan Sungai Muaro Singoan.

"Anak bungsu, Raden Singo Ano bertugas menjaga Sungai Muaro Singoan dan tinggal di Dusun Sialang Pungguk, dikenal sebagai Raja Singo Ano," ucap Datuk Raden Sulaiman

"Pada suatu ketika, musim kemarau panjang melanda Dusun Sialang Pungguk (Seberang Desa Muaro Singoan), menyebabkan kekeringan yang parah. Aliran Sungai Singoan mengering, tumbuhan mati, dan sumber makanan dari sungai hilang. Masyarakat menganggap kekeringan ini sebagai kutukan dari dewa hujan," sambung dia.

Untuk mengatasi situasi ini, kata Datuk Raden Sulaiman, masyarakat memutuskan melakukan ritual Muwon Namo untuk meminta hujan. Ritual dimulai dengan melepaskan ayam jantan sebagai persembahan di makam Rajo Singo Ano.

"Jadi jika Raden Ontar tak melaksanakan Muwon Namo, mungkin generasi hari ini tidak mengenal tradisi itu," terang Datuk Raden Sulaiman.

 


Peserta Bacakan Mantra

Sungai Batanghari Jambi
Deretan pemukiman warga bertebaran di sepanjang alur Sungai Batanghari. (B Santoso/Liputan6.com)

Pada Festival Suku Batin IX, pemimpin ritual Muwon Namo, pemimpin doa, dan anggota ritual menyirami dan melarungkan relief naga yang terbuat dari tanah ke sungai Batanghari.

Para peserta ritual membaca mantra yang kemudian akan disibah air sungai ke relief tersebut sampai luntur dan kakinya jatuh ke air sungai.

"Respons masyarakat sangat antusias, karena sudah lama tidak dilaksanakan. Orang-orang ingin tahu bagaimana nenek moyang kita meminta turun hujan. Ini adalah proses melihat kebudayaan yang perlu dijaga," kata Datuk Raden Sulaiman.

Selain itu, lanjut dia, dilakukan juga penebaran benih ikan ke Sungai Batanghari. Hal tersebut sebagai upaya menjaga kelestarian sungai yang telah berperan penting dalam peradaban dan kehidupan masyarakat setempat.

"Meskipun Desa Muaro Singoan dan desa sekitar yang merupakan rumah bagi Suku Batin IX telah menjadi tempat tinggal dari berbagai suku, berbagai tradisi dan nilai identitas budaya masih dilestarikan," jelas Datuk Raden Sulaiman.

 


Kemeriahan Lain Festival Suku Batin IX

Sungai Batanghari Jambi
Suasana Jembatan Pedestrian yang melintasi Sungai Batanghari di Kota Jambi. (Dok. Istimewa/B Santoso)

Selain Ritual Muwon Namo, Festival Suku Batin IX juga menampilkan berbagai acara menarik seperti lomba masak Brengkes Ikan, arak-arakan dengan pakaian tradisional, lomba musik dan permainan tradisional, pameran objek diduga cagar budaya (ODCB), serta pameran UMKM lokal.

"Festival ini (Festival Suku Batin IX) harapannya menjadi momentum yang baik untuk melestarikan seni dan budaya lokal," ujar Kurator Lokal Wilayah Kabupaten Batanghari Irma Tambunan.

Irma menyebut, penyelenggaraan festival budaya perlu keterlibatan masyarakat lokal sebagai pemilik warisan budaya yang diangkat. Seluruh panitia penyelenggara festival ini merupakan masyarakat lokal, yang bekerja sama dengan para tokoh adat se-Kabupaten Batanghari.

"Rangkaian Festival Suku Batin IX juga melibatkan 12 sanggar seni dari Kabupaten Batanghari, lebih dari 100 budayawan dan seniman lokal yang menginkubasi lebih dari 150 anak-anak sekolah dari tingkat SD hingga SMP untuk berpatisipasi," ucap dia.

Menurut Irma, partisipasi berbagai elemen masyarakat menunjukkan betapa kuatnya dukungan dan antusiasme masyarakat dalam menjaga dan merayakan budaya mereka.

"Festival ini tidak hanya merayakan warisan budaya, tetapi juga memperkuat ikatan komunitas dan pembangunan desa yang berkelanjutan," tutup Irma.

Direktur Lokal Festival Kabupaten Batanghari Agung Habibilah menambahkan, festival yang diadakan pada 20-22 Juli 2024 ini memberikan dampak signifikan bagi masyarakat setempat.

"Bisa mengangkat perekonomian masyarakat lokal dan melibatkan mereka dalam pelestarian budaya," tandas dia.

Diketahui, Kenduri Swarnabhumi 2024 merupakan rangkaian festival budaya di sepanjang DAS Batanghari yang telah memasuki tahun ketiga. Tahun ini, Kenduri Swarnabhumi yang mengangkat narasi 'Menemu-kenali Kebudayaan DAS Batanghari', memfokuskan pada kemandirian dalam mengangkat kearifan lokal.

Kenduri Swarnabhumi 2024 akan digelar di sepanjang wilayah yang dilalui Sungai Batanghari, yakni di 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi dan satu Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Pagelaran festival budaya akan diselenggarakan oleh masyarakat setempat berkoordinasi dengan Direktur Festival dan Kurator Lokal serta didukung Kemendikbudristek melalui Direktorat Perfilman Musik dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Infografis: Warisan Budaya Indonesia yang Sudah Diakui UNESCO
Infografis: Warisan Budaya Indonesia yang Sudah Diakui UNESCO
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya