Ratas di IKN, Jokowi Tunggu Prabowo Pulang ke Indonesia dari Paris

Menurut pihak Istana, presiden Jokowi akan berkantor hingga tiga hari ke depan di IKN. Artinya, Jokowi dan rombongannya akan berkantor sampai akhir bulan Juli 2024.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 29 Jul 2024, 07:26 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 07:26 WIB
Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Progres IKN, Mendagri Mengaku Tidak Sabar Ingin Pindah ke IKN
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi sejumlah menteri meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini, Senin 29 Juli 2024. Namun dipastikan, agenda hari ini bukanlah rapat terbatas (ratas) atau pun sidang kabinet. 

Menurut dia, hal itu bisa dilakukan tetapi harus menunggu semua menteri yang berada di luar negeri pulang ke Indonesia, seperti yang sedang mengawal agenda Olimpiade Paris. Salah satunya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Ratasnya, nanti kalau semua menteri sudah ada di tanah air. Karena masih banyak yang di Paris,” kata Jokowi saat hendak bertolak ke IKN, Minggu 28 Juli 2024.

“(Termasuk sidang kabinet perdana di IKN) menunggu menteri-menteri yang ada di luar negeri agar semuanya hadir,” sambung Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menanggapi soal kabar Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggelar sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 30 Juli 2024.

Heru mengatakan hal tersebut akan dijelaskan oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Namun, dia akan mempersiapkan fasilitas apabila Jokowi menggelar sidang kabinet di IKN.

"Itu nanti sedang kami rapihkan semua untuk sidang kabinet mungkin nanti bisa dijelaskan Seskab," kata Heru kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

"Ada sidang kabinet atau tidak, kami Sekretariat Presiden bersama PUPR mempersiapkan segala sesuatu untuk menyiapkan kebutuhan kantor di sana," imbuh dia.

Jokowi Berkantor 3 Hari di IKN

Sementara itu, menurut pihak Istana, presiden Jokowi akan berkantor hingga tiga hari ke depan di IKN. Artinya, Jokowi dan rombongannya akan berkantor sampai akhir bulan Juli 2024.

“Rencananya tiga hari (presiden ngantor di IKN),” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana kepada wartawan, seperti dikutip Senin (29/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Berkantor di IKN Hari Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur untuk pertama kalinya, Senin (29/7/2024). Jokowi akan melakukan sejumlah pekerjaan seperti biasa saat bekerja di Istana Merdeka, Jakarta.

"Pagi ini Bapak Presiden akan menerima Tamu/Audiensi dan Rapat diruang Kerja Bapak Presiden di Kantor Presiden di IKN ini, seperti kegiatan acara harian saat Bapak berkantor di Istana Merdeka Jakarta," jelas Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana kepada wartawan, Senin (29/7/2024).

Jokowi diagendakan melakukan rapat dengan jajaran Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN). Selain itu, dia direncanakan bertemu dengan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkompimda) Kalimantan Timur.

"Rencana Beliau akan Rapat dengan jajaran OIKN didampingi Mensesneg dan Menteri PUPR. Kemudian juga akan menerima Jajaran Forkompinda Kaltim," tutur Yusuf.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Pulau Balang, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Minggu, 28 Juli 2024. Peresmian tersebut menandai pencapaian penting dalam pengembangan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini saya resmikan Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur," ujar Presiden dalam sambutannya.

Jembatan yang dibangun sejak tahun 2015 dan menghabiskan anggaran Rp1,4 triliun tersebut merupakan salah satu proyek strategis dalam mendukung konektivitas antar wilayah di Kalimantan Timur. Selain menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara, nantinya jembatan tersebut juga menjangkau Provinsi Kalimantan Selatan.

"Nantinya juga dari Provinsi Kalimantan Timur menuju ke Provinsi Kalimantan Selatan," ungkap Presiden.

Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rencana Jokowi Gelar Sidang Kabinet Perdana di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya