Refleksi Kemerdekaan RI ke-79, Wabup Kukar Rendi Solihin Gaungkan Semangat Nusantara

Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin mengingatkan bahwa peringatan HUT ke-79 RI bukan sekadar perayaan seremonial belaka, melainkan momen untuk bergerak bersama dalam membangun bangsa yang maju.

oleh Gilar Ramdhani pada 17 Agu 2024, 13:45 WIB
Diperbarui 09 Sep 2024, 18:42 WIB
Refleksi Kemerdekaan RI ke-79, Wabup Kukar Rendi Solihin Gaungkan Semangat Nusantara
Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin saat mengikuti upacara dalam HUT ke-79 RI di Halaman Kantor Bupati Kukar, Sabtu (17/8/2024).

Liputan6.com, Tenggarong Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin mengingatkan bahwa peringatan HUT ke-79 RI bukan sekadar perayaan seremonial belaka, melainkan momen untuk bergerak bersama dalam membangun bangsa yang maju. Hal itu diungkapkan Rendi usai mendampingi Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menjadi inspektur upacara dalam HUT ke-79 RI di Halaman Kantor Bupati Kukar, Sabtu (17/8/2024).

Meski diguyur hujan, upacara pengibaran bendera merah putih bertempat di halaman Kantor Bupati Kukar, tetap berjalan lancar. Upacara diawali dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPRD Kukar, Farida dan dilanjutkan mengheningkan cipta yang dipimpin Bupati Kukar Edi Damansyah.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pengibaran duplikat bendera pusaka oleh pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang terdiri dari pelajar SMA se Kukar dan pasukan 45 yang terdiri dari unsur TNI/Polri dari Batalyon Infrantri 611/Awang Long dan Polres Kukar.

Dalam kesempatan itu, Wabup Rendi Solihin mengatakan, IKN Nusantara saat ini menanti agar semua lapisan masyarakat bertindak.

"Tanggung jawab kita adalah membangun masa depan yang berkelanjutan," kata pemimpin muda tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Refleksi Kemerdekaan RI ke-79, Wabup Kukar Rendi Solihin Gaungkan Semangat Nusantara
Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin saat mengikuti upacara dalam HUT ke-79 RI di Halaman Kantor Bupati Kukar, Sabtu (17/8/2024).

Ia ingin, kehadiran IKN dapat mempercepat perkembangan Kota Raja di masa depan dan menjadi pilar utama bagi kemajuan daerah, bersama kabupaten/kota mitra lainnya di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Seiring dengan tujuan pembangunan nasional menuju Indonesia generasi emas, kita berharap dapat memiliki tujuan bersama dalam setiap aspek pembangunan yang mengantarkan Indonesia maju," ujarnya.


Kunci Menyongsong Indonesia Emas 2045

Pemkab Kukar
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin.

Rendi menegaskan, dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, kita harus mampu menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi, menjaga kelestarian lingkungan dan memastikan kesejahteraan sosial bagi semua lapisan masyarakat. Batu pondasi menuju pembangunan yang berkelanjutan telah ditata pemerintah saat ini untuk menuju Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

"Pemerintah telah menetapkan kebijakan yang mendorong pembangunan berkelanjutan," tuturnya.

Kebijakan ini membuka jalan untuk kolaborasi yang lebih luas dan lebih kuat antar sektor-sektor penting. Sektor swasta memiliki peran strategis dalam membawa inovasi dan investasi yang menggerakkan ekonomi yang ramah lingkungan. Bukan hanya itu, semua sektor dari pemerintah hingga masyarakat memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa. 

"Dengan semangat gotong royong, kita siap menghadapi tantangan menuju Indonesia Emas 2045," tegasnya.

Menurut Rendi, diperlukan peran penting masyarakat untuk berkolaborasi dengan pemerintah sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

"Ketika pemerintah, swasta, dan masyarakat bersatu, kita membangun sinergi yang kuat untuk menghadapi tantangan bersama menuju Indonesia emas 2045," tandasnya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya