Ucapan Kapolri Listyo Sigit Prabowo di HUT ke-79 RI: Nusantara Baru, Indonesia Maju

Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo turut mengucapkan HUT RI yang sudah beranjak selama 79 tahun. Dia pun menyinggung perihal bangsa Indonesia yang tumbuh melalui perjuangan.

oleh Tim News diperbarui 17 Agu 2024, 11:16 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2024, 10:10 WIB
Kapolri Umumkan Mutasi 25 Polisi Terkait Kasus Brigadir J
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal mengeluarkan TR khusus untuk memutasi sejumlah polisi yang diduga melanggar kode etik terkait penanganan kasus tewasnya Brigadir J. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo turut mengucapkan HUT RI yang sudah beranjak selama 79 tahun. Dia pun menyinggung perihal bangsa Indonesia yang tumbuh melalui perjuangan.

"Kita dilahirkan dalam sucinya asa dan harapan kita berjalan berlari bertumbuh untuk berjuang bersama wujudkan mimpi menjadi kenyataan yang penuh arti," ucap Sigit dalam akun Instagram resminya yang dikutip, Sabtu (17/8/2024).

Menurut dia, dalam perjalanannya bangsa Indonesia tentunya banyak sekali perbedaan suku bangsa dan ras. Tapi hal itu semata-mata untuk mempersatukan rakyat Indonesia.

"Meskipun perbedaan ada di sekitar kita tapi karya kita untuk memajukan bangsa meskipun keyakinan kami tak sama namun cinta tetap mempersatukan," tutur Sigit.

Dalam hal ini Polri, lanjut dia, tetap terus bergandengan tangan bersama sama dengan masyarakat sebagai bentuk rasa saling melengkapi demi menjaga cita-cita bersama guna bisa berdiri puncak tertinggi.

Sigit kemudian mengucapkan HUT ke-79 RI."Kami tak berhenti untuk terus mendaki bergandengan tangan saling melengkapi menjaga cita-cita bersama dengan persaudaraan mencapai puncak tertinggi," tegas Jendral Polisi bintang empat itu.

"Untuk jayanya Nusantara selamat ulang tahun ke 79 Republik Indonesia Nusantara baru Indonesia maju," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Digelar di IKN dan Istana Merdeka, Ini Rangkaian Peringatan HUT ke-79 RI

Rangkaian upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI akan dilakukan di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Acara akan dimulai dengan pertunjukan kesenian dari Halaman Istana Merdeka pukul 09.15 WIB.

Kemudian, Kepala Sekretariat Presiden menyerahkan Bendera Sang Merah Putihdan Naskah Proklamasi kepada Paskibraka dan Pengawal Bendera untuk diletakkan ke mimbar upacara di Istana Negara IKN.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sekitar pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

Sore harinya, akan dilakukan rangkaian kegiatan penurunan bendera merah putih yang didahului dengan pertunjukan kesenian pada pukul 14.45 WIB. Sementara itu, upacara penurunan bendera merah putih pada pukul 16.00 WIB atau 17.00 WITA.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertindak selaku inspektur upacara. Jokowi akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Halaman Istana Merdeka.


HUT ke-79 RI, Wapres Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Manfaatkan Peluang Bangun Indonesia

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyatakan, peringatan HUT ke-79 RI di tahun 2024 merupakan salah satu momentum peringatan yang bersejarah. Sebab, selain dalam waktu dekat akan terjadi pergantian pemerintahan, saat ini Indonesia juga sedang dalam proses transisi pemindahan Ibu Kota Negara.

Menghadapi perubahan besar ini, Ma’ruf berharap seluruh masyarakat dapat terus bergandengan tangan membangun Indonesia Maju di setiap kesempatan yang ada.

“Saya berharap kita dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk terus memajukan Indonesia, baik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, maupun teknologi,” kata Ma’ruf dalam keterangannya, Sabtu (17/08/2024).

Ma’ruf menyampaikan, pemanfaatan seluruh peluang yang ada di berbagai bidang ini dapat membuahkan hasil yang baik apabila dilakukan dengan kerja keras dan sinergi.

“Dengan kerja keras, inovasi, dan sinergi kuat seluruh elemen bangsa, kita yakin akan dapat meraih masa depan Indonesia yang semakin gemilang,” imbuhnya.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya