Terima SK Kemenkumham, Golkar Segera Selesaikan Formulir Calon Kepala Daerah 2024

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan Partai Golkar hasil Musyawarah Nasional (Munas) Ke-XI.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 26 Agu 2024, 14:43 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 14:43 WIB
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan Partai Golkar hasil Musyawarah Nasional (Munas) Ke-XI.
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan Partai Golkar hasil Musyawarah Nasional (Munas) Ke-XI. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan Partai Golkar hasil Musyawarah Nasional (Munas) Ke-XI.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Kadir mengatakan, dengan dikeluarkan SK Kemenkumham ini, Partai Golkar segera menyelesaikan formulir calon kepala daerah di seluruh Indonesia.

"SK Partai Golkar telah kami terima tertanggal 22 agustus 2024. Dengan demikian kami dapat memproses pendaftaran Pilkada Partai Golkar untuk calon kepala daerah di seluruh Indonesia," kata Adies dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/8/2024).

Dia memastikan, proses formulir pendaftaran Pilkada 2024 seluruh Indonesia akan selesai hari ini.

"Insyaallah hari ini semua proses formulir pendaftaran pilkada selesai, dan pasangan calon kepala daerah dari Partai Golkar siap mendaftar besok tangal 27-29 Agustus 2024," kata Adies.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Kadir mengatakan, Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar di mana terpilih Bahlil Lahadalia sebagai ketua umum tak menyalahi AD/ART partai.

Hal ini menanggani adanya gugatan di pengadilan mengenai Munas Golkar yang sudah digelar beberapa waktu lalu.

"Semua punya hak untuk menggugat, kami hadapi saja sesuai aturan AD ART serta ketentuan hukum dan konstitusi. Karena kami yakin betul tidak ada AD/ART yang di langgar dalam munas XI Partai Golkar," kata Adies, Sabtu (24/8/2024).

Dia mengatakan, semua proses perubahan AD/ART terkait tanggal, bulan, dan tahun sudah di tetapkan dan di sahkan sejak pada saat Rapat Pleno DPP Partai Golkar dan Rapimnas.

"Semua pemegang hak suara DPD Propinsi dan DPD Kab/Kota dan Organisasi Pendiri dan didirikan, total 561 suara semua meminta Munas di percepat agar di laksanakan pada bulan Agustus 2024," katanya.

Keputusan Rapimnas ini, kata Ketua Steering Committee (SC) Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar ini, juga telah di sahkan pada Munas dan telah di bacakan Keputusannya di depan seluruh peserta Munas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahlil Tunjuk Sarmuji Sebagai Sekjen Golkar

Pertama, kata Bahlil, sekretaris jenderal yaitu M Sarmuji, kemudian bendahara umum Sari Yulianti. Diketahui, Sari adalah ketua OC rapimnas dan munas ke-XI Partai Golkar yang berlangsung kemarin di JCC.

“Kemarin di sambutan saya ada terselip namanya, saya bilang bahwa ini berarti harus jadi pengurus,” kata Bahlil.

Bahlil melanjutkan, jajaran wakil ketua umum yang ditunjuk hari ini barulah sebagian. Mereka adalah Adies Kadir yang sebelumnya juga menjabat di posisi yang sama.

Kemudian, Ace Hasan Syadzili yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPP kini diamanahkan sebagai wakil ketua umum.

“Berikutnya adalah Melkiades Lakalena dan Wihaji sebagai wakil ketua umum,” ungkap Bahlil.

Berikutnya, Bahlil juga menunjuk seorang perempuan sebagai wakil sekjen yaitu Puteri Komarudin. Putri adalah anak dari politisi senior Golkar Ade Komarudin (Akom).

Terakhir, Bahlil mempercayakan posisi Wakil Bendahara Partai kepada seorang srikandi Golkar bernama Dyah Roro Esti.

“Jadi itu aja dulu yang perlu saya umumkan selebihnya akan diselesaikan dalam kurun waktu yang sesingkat-singkatnya,” Bahlil menambahkan. 


Bahlil Lahadalia: Golkar Siapkan Tempat Terbaik untuk Airlangga di Pemerintahan dan Partai

Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia memastikan, Airlangga Hartarto akan diberikan tempat terbaik di pemerintahan dan partai.

Hal itu disampaikan usai posisi Airlangga dalam formatur kepartaian lengser dari kursi ketua umum.

"Pak Airlangga adalah tokoh yang harus diberikan tempat secara proporsional baik di pemerintahan khususnya karena tanggung jawab moral daripada Golkar dan kemudian di partai," kata Bahlil di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi Jakarta Barat, Kamis (22/8/2024).

Soal posisi apa yang dimaksud, Bahlil mengaku masih mendiskusikan hal tersebut. Menurut dia, posisi tersebut harus setimpal dengan kinerja dan jerih payah Airlangga Hartarto selama menjabat sebagai ketua umum, khususnya di Pemilu 2024.

"Pak Airlangga ini ketua umum Golkar yang menurut kami luar biasa ya mampu menaikkan kursi, oleh karena itu percayalah bahwa kami dari DPP Golkar akan sangat menghargai jerih payah Pak Airlangga dan untuk urusan berikutnya kami akan membicarakannya," janji Bahlil.

Bahlil yakin, Golkar dan Airlangga terus menjalin komunikasi yang baik dan semua dinamika yang sudah terjadi sebelumnya bisa selesai.

"Semuanya akan terselesaikan dengan komunikasi yang lebih baik," Bahlil menandasi.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya