Jokowi Akan Mendarat di Bandara IKN dengan Pesawat Besar Jumat 10 Oktober 2024

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan pendaratan dengan pesawat berbadan besar di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat, 9 Oktober 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 09 Okt 2024, 22:05 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2024, 22:05 WIB
Bandara IKN
Pengisian avtur perdana di Bandara IKN untuk pesawat PT. Pelita Air Service BAE RJ-85/PK-PJJ sebesar 3,9 KL dalam penerbangan misi Kenegaraan VVIP RI1.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan pendaratan dengan pesawat berbadan besar di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat, 11 Oktober 2024.

Rencananya, Kementerian Perhubungan akan terlebih dahulu melakukan uji coba pendaratan pesawat Boeing 737-800, yang setipe dengan pesawat kepresidenan-1. Pesawat tipe ini akan digunakan Jokowi saat kunjungan ke IKN Nusantara pada Jumat (11/10/2024).

"Jadi itu yang dibicarakan dan juga diberitahu juga di antaranya bahwa bandara di IKN insyaallah akan siap uji coba juga besok. Dan juga hari Jumat, Bapak Presiden akan melalui Bandara IKN. Sebelumnya memang sudah melalui Bandara IKN, tapi sekarang akan coba dengan kapal (pesawat) berbadan besar," kata Rosan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Bahlil menuturkan Bandara Nusantara diharapkan dapat dibuka untuk umum pada Desember 2024 atau Januari 2025. Rosan menilai keberadaan Bandara Nusantara ini dapat memperlancar konektivitas dan mempersingkat waktu tempuh ke IKN.

"Jadi masalah konektivitas akan menjadi lebih efisien. Kalau dulu kita harus ke Balikpapan dan kemudian 2 jam dari Balikpapan ke IKN, sekarang kalau bisa mendarat dari IKN Airport kemudian ke IKN sendiri kurang lebih waktunya hanya 20 menit," jelas Bahlil.

Jokowi sendiri telah melakukan pendaratan perdana di Bandara Nusantara, dengan menggunakan pesawat kepresidenan-1 RJ85 pada Selasa, 24 September 2024. Dia menyebut menyebut pesawatnya mendarat sangat mulus.

"Dengan selesainya Airport Nusantara kemarin sudah kita melakukan pendaratan yang pertama setelah beberapa kali dicoba, kemarin saya tanyakan ke Menhub, bener? Aman? Aman bener? Betul, oke saya landing di Nusantara Airport. Begitu turun, runway-nya mulus, semua lancar," tutur Jokowi saat groundbreaking proyek di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

 

Bandara IKN Ditargetkan Rampung Akhir Desember 2024

Dia menargetkan pembangunan Bandara Nusantara dapat rampung akhir Desember 2024. Jokowi mengatakan landasan pacu atau runway Bandara Nusantara sepanjang 3.000 meter, sehingga bisa didarati pesawat berbadan lebar.

"Selesainya masih nanti akhir Desember akan selesai semua baik terminal, runway, berada di panjang 3.000 sehingga pesawat berbadan lebar bisa turun di IKN," pungkas Jokowi.

Infografis Presiden Terpilih Prabowo Komitmen Percepat Pembangunan IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Presiden Terpilih Prabowo Komitmen Percepat Pembangunan IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya