Skenario Demokrat Usung Capres Jika Gagal Penuhi Syarat

Partai Demokrat membuka kemungkinan koalisi dengan partai lain untuk mengusung pasangan capres-cawapres.

oleh Edward Panggabean diperbarui 26 Okt 2013, 15:13 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2013, 15:13 WIB
dede-yusuf130224b.jpg
Partai Demokrat tidak menutup kemungkinan akan berkoalisi untuk mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden jika perolehan suara dalam Pemilu 2014 tidak memenuhi syarat presidential threshold (PT). Sekenario itu sudah disiapkan Demokrat.

"Kalau memang nanti tidak memenuhi PT, maka kami akan koalisi. Nanti partai koalisi yang akan memilih calon yang diinginkan dari stok yang ada," kata Juru Bicara Dewan Pembina Partai Demokrat Dede Yusuf di sela-sela temu kader nasional di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/10/2013).

Dia menambahkan, jika skenario koalisi itu benar-benar harus dijalankan, Demokrat tetap akan mengusung calon presiden, bukan calon wakil presiden. Dan capres itu diambil dari peserta Konvensi Demokrat.

Menurut Dede Yusuf, para peserta Konvensi Demokrat itu akan ditawarkan kepada partai mitra koalisi. "Jadi, belum tentu pemenang konvensi yang tetap diusung. Ya nanti pilihan akhirnya berdasar rembuk partai koalisi," ungkap Dede Yusuf yang juga mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu.

Saat ini ada 11 peserta Konvensi Partai Demokrat, mereka berasal dari internal dan luar partai. 11 Peserta itu adalah Dino Patti Djalal, Ali Masykur Musa, Irman Gusman, Marzuki Alie, Endriartono Sutarto, Anies Baswedan, Pramono Edhie Wibowo, Sinyo H Sarundajang, Dahlan Iskan, Gita Wirjawan, dan Hayono Isman. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya