Kesaksian Penumpang Garuda yang 1 Pesawat dengan Anggoro Widjojo

Bertahun-tahun buron, tersangka suap SKRT Kementerian Kehutanan, Anggoro Widjojo akhirnya berhasil diciduk.

oleh Oscar Ferri diperbarui 30 Jan 2014, 22:28 WIB
Diterbitkan 30 Jan 2014, 22:28 WIB
interpol-anggoro-140130c.jpg
Bertahun-tahun buron, tersangka suap Sistem Komunikasi Radio Terpadu (SKRT) Kementerian Kehutanan, Anggoro Widjojo akhirnya diciduk di China. Ia ditangkap penyidik KPK yang bekerja sama dengan pihak Imigrasi Indonesia dan Kepolisian Zhenzhen, China.

Anggoro sore tadi langsung diterbangkan ke Indonesia dari Guangzho pukul 16.00 waktu setempat. Setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, sekitar pukul 22.30 WIB, Anggoro langsung diboyong menggunakan mobil.

Namun, sayangnya, Anggoro tidak dibawa keluar melalui pintu normal, yakni terminal kedatangan internasional pintu 2F. Salah satu penumpang pesawat Garuda Indonesia yang terbang dari Guangzho mengatakan, kalau dia sempat 1 pesawat dari sekompok orang yang terlihat seperti petugas keamanan.

"Di pesawat tadi ada beberapa orang dari bajunya orang Imigrasi sama kepolisian," kata penumpang yang enggan disebutkan namanya itu di Bandara Soetta, Cengkareng, Kamis (30/1/2014).

Penumpang itu juga mengatakan, ketika mendarat, ada 1 orang yang dikawal ketat saat turun dari pesawat. "Saya nggak ngeh itu Anggoro. Tapi dia dikawal ketat sama petugas yang tadi saya lihat di pesawat," ujarnya.

"Begitu turun, mereka langsung masuk mobil. Dijemput pakai mobil, saya juga nggak engeh mobil apa, pokoknya 1 mobil," beber dia.

Anggoro menjadi buron KPK sejak 2009. Dia tersangkut kasus dugaan korupsi Sistem Komunikasi Radio Terpadu Kementerian Kehutanan. Sebagai bos PT Masaro, Anggoro diduga menyuap 4 anggota Komisi IV DPR, yakni Azwar Chesputra, Al-Amin Nur Nasution, Hilman Indra, dan Fachri Andi Leluas, dengan harapan bersedia mendorong pemerintah menghidupkan kembali proyek SKRT.

PT Masaro Radiokom merupakan rekanan Departemen Kehutanan dalam pengadaan SKRT 2007 yang nilai proyeknya mencapai Rp 180 miliar. (Ndy/Ali)

Baca juga:
Anggoro Widjojo Tiba di KPK Pukul 23.00 WIB
Anggoro Widjojo Dijadwalkan Tiba di Indonesia Malam Ini
Buronan KPK Anggoro Widjojo Ditangkap?
4 Tahun Buron, Orang Ini Tak Pernah Tertangkap KPK
Mangkir Bersaksi, Bupati Bonaran Situmeang Dipanggil Ulang KPK


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya