Ternyata Pembersih Udara Dapat Bantu Mencegah Penyebaran Covid-19 Loh, Simak disini

Pembersih udara selain untuk menyegarkan ruangan ternyata berfungsi sebagai pencegah penyebaran Covid-19 juga.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Apr 2021, 08:00 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2021, 08:00 WIB
[Fimela] air purifier
air purifier | Xiaomi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 menjangkiti banyak warga dunia. Berada di dalam ruangan bersama dengan orang lain ataupun di luar ruangan sama-sama beresiko terkena wabah virus Covid-19.

Virus Coivd-19 dapat menyebar ketika seseorang berbicara, batuk, bersin atau bernapas dan dihirup oleh orang lain. tetapi virus juga dapat menyebar melalui partikel kecil di udara dan bertahan selama beberapa menit.

Sehingga banyak orang yang bingung, lantas bagaimana cara untuk menurunkan risiko tertular dari virus Covid-19.

Solusi yang bisa dilakukan selain menggunakan masker, menjaga jarak, membeli pembersih udara untuk di dalam rumah adalah pilihan yang tepat.

Dengan menggunakan pembersih udara dapat mengurangi virus dan kuman yang berada di rumah. Meskipun filter tungku dan sistem HVAC memiliki filter internal, perangkat portabel ini dapat menambahkan lapisan pembersih udara ke setiap ruangan.

Mengutip dari CNBC, Jumat (29/4/2021) berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pembersih udara yang dapat digunakan selama pandemi:

1. Bagaimana pembersih udara bekerja

Pembersih udara dapat menyaring udara yang terkontaminasi dan membersihkan udara di dalam ruangan.

Perangkat ini terdiri dari filter dan kipas, di mana penjernih udara menarik udara masuk, melewati filter yang dapat menghilangkan partikel kecil di udara dan membuang udara bersih kembali ke dalam ruangan.

Selain dapat digunakan selama pandemi, pembersih udara juga berguna selama kebakaran hutan karena dapat mengurangi asap yang masuk ke dalam rumah.

Pembersih udara juga dapat menghilangkan alergen dalam ruang umum seperti debu. Selain itu juga bisa berguna untuk memasak di apartemen kecil atau ruangan yang kecil karena mereka dapat mengurangi emisi memasak.

 

 


Fungsi Lainnya

Samsung
Air Purifier.(sumber: Samsung)

2.  Apakah pembersih udara melindungi Anda dan keluarga dari Covid-19?

Pembersih udara dapat menjadi alat yang berguna untuk digunakan di rumah karena alat ini meningkatkan sirkulasi udara, yang memasukkan udara segar ke dalam ruangan sambil menghilangkan udara yang berpotensi terkontaminasi.

Namun pembersih udara saja tidak dapat mencegah penularan Covid-19. Pembersih udara dengan HEPA atau filter udara pertikulat efisiensi tinggi adalah pilihan terbaik bagi Anda karena dapat menangkap partikel udara yang berukuran 0,3 mikron.

Namun virus Covid-19 berukuran 0,125 mikron sehingga secara teknis lebih kecil dari yang dapat ditangkap. Tetapi para ahli mengatakan bahwa ketika virus dikemas dalam tetesan pernapasan, filter HEPA mungkin dapat menjebak dan menghilangkan partikelnya.

Tetap perlu diingat bahwa penjernih udara tidak dapat menggantikan kebutuhna untuk tetap menggunakan masker wajah, menjaga jarak sosial dan mencuci tangan sesering mungkin.

3. Apa yang perlu diperhatikan ketika membeli pembersih udara

Banyak pilihan pembersih udara yang bisa Anda cari dan beli. Cari pembersih udara yang menggunakan filter HEPA dan pertimbangkan ukuran ruangan yang ingin Anda gunakan.

4.Cara lain untuk meningkatkan aliran udara di rumah

Selain menggunakan pembersih udara, membuka jendela adalah cara yang bagus untuk sirkulasi udara, di mana udara luar masuk dan udara di dalam ruangan dapat keluar.

Jika membeli pembersih udara dapat menghabiskan ratusan dolar, Anda dapat  DIY memasang filter HEPA ke kipas kotak bisa untuk dijadikan pembersih ruangan.

 

Reporter: Tasya Stevany

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya