Tips Hidup Lebih Lama dan Tetap Sehat di Usia Senja

Pria berusia 82 tahun ini memberitahu pada orang-orang tentang tujuan hidupnya yaitu mati muda selambat mungkin. Sebenarnya ia lebih berfokus pada masa kesehatannya daripada usia.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Jan 2023, 12:38 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2023, 12:21 WIB
3 Peran Penting Anak dalam Mencegah Lansia Alami Pneumonia
Orang tua yang sudah memasuki usia lanjut menjadi semakin rentan terhadap penyakit Pneumonia. Simak cara menjaga kesehatannya. (Foto: unsplash.com/national cancer institute).

Liputan6.com, Jakarta Dapat hidup hingga usia 90 tahun adalah suatu prestasi tersendiri. Ini sama halnya dengan Dr Joseph Maroon, seorang atlet triathlon, ahli bedah saraf untuk Pittsburgh Steelers dan direktur medis World Wrestling Entertainment (WWE).

Pria berusia 82 tahun ini memberitahu pada orang-orang tentang tujuan hidupnya yaitu mati muda selambat mungkin. Sebenarnya ia lebih berfokus pada masa kesehatannya daripada usia.

Maroon memuji nilai koneksi antara pikiran dan tubuhnya atas kemampuannya berkompetisi dalam delapan Ironman Triathlon, sembilan maraton dan lebih dari 70 acara triathlon olympic-distance.

Triathlon sendiri adalah salah satu kompetisi yang terdiri dari beberapa cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu.

Dia pernah mengalami “lifequake”, ketika ayahnya meninggal. Itu membawanya ke titik terendah untuk berhenti dari bedah saraf dan tujuan hidupnya.

Namun ada orang yang berjasa padanya yaitu bankir pemegang hipotek kedai burger yang mengundangnya untuk melakukan olahraga lari sehingga membuatnya menjadi lebih baik.

“Saya menyadari secara kebetulan dengan aktivitas fisik, depresi saya perlahan terangkat, berat badan saya pun turun mencapai 15 pon, otak saya mulai berfungsi lagi dan akhirnya saya bisa kembali ke bedah saraf. Aktivitas fisik benar-benar menyelamatkan hidup saya,” kata Maroon.

Sejak saat itu, Maroon membuat beberapa perubahan serius pada kebiasaan sehari-harinya yang menurutnya bisa menambah tahun ekstra untuk “masa kesehatan” dan umurnya.

Maroon pun merasa bahwa setiap tahun di atas usia 60 tahun adalah sebuah bonus baginya karena sampai usianya 82 tahun ini pun masih berfungsi dengan sangat baik.

Apa saja praktik sehari-hari yang dilakukan oleh Maroon?Berikut adalah enam praktik harian yang diterapkan Maroon dalam hidupnya setelah usia 40 tahun, dan sampai saat ini, ia masih melakukannya setiap hari.

1. Makan hidangan Mediterania

Makanan Maroon sebagian besar terdiri dari buah-buahan dan sayuran dengan ayam atau ikan hanya sesekali saja. Ia jarang makan daging merah.

2. Berolahraga secara teratur

Maroon mendedikasikan satu jam per hari untuk melakukan latihan rutinnya. Olahraga tersebut berlangsung selama enam hari dalam satu minggu.

3. Menghindari merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan tanpa resep.

4. Menjaga supaya tingkat stresnya bisa tetap rendah.Salah satu cara Maroon dalam mengurangi stres adalah dengan menyeimbangkan valuesnya.

Jadi ia memastikan bahwa dirinya menghabiskan waktu yang sama untuk pekerjaan, keluarga/teman, spiritualitas dan aktivitas fisik setiap hari.

5. Tidur yang cukup

Maroon tidur 6 setengah sampai 7 setengah jam setiap malamnya.

6. Mengambil suplemen seperti asam lemak Omega 3 yang dibutuhkan Maroon untuk kesehatan otak dan mengurangi peradangan.

Ia juga mengonsumsi magnesium untuk menyeimbangkan latihan dan glyteine, yang ia yakini dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit Parkinson dan Alzheimer.

Namun jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter dan melakukan penelitian ekstensif sebelum menambahkan suplemen apa pun ke dalam diet anda.

Penulis: Nita Suci Lydiarti

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya