City Car Mazda Bakal Tenggak Solar

Mesin diesel milik Mazda2 menghasilkan torsi dua kali lipat dari torsi yang dihasilkan mesin bensin 1,5 liter yang diusung saat ini.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 12 Jun 2014, 07:00 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2014, 07:00 WIB
City Car Mazda Bakal Tenggak Solar
Mesin diesel milik Mazda2 menghasilkan torsi dua kali lipat dari torsi yang dihasilkan mesin bensin 1,5 liter yang diusung saat ini.

Liputan6.com, Tokyo - City car dituntut untuk memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Wajar saja, karena biasanya di dalam kota macet menghadang. Untuk menyiasatinya, pabrikan kendaraan menciptakan inovasi pada mesin milik city car agar lebih bertenaga namun tidak banyak menyedot bahan bakar.

Salah satu pabrikan yang menciptakan inovasi mesin pada city car garapannya adalah Mazda. Pabrikan tersebut menciptakan mesin diesel untuk generasi anyar city car mereka yaitu Mazda2.

Melansir laman leftlanenews, Rabu (11/6/2014), mesin diesel yang akan diusung oleh Mazda2 memiliki kapasitas 1,5 lliter. Mesin tersebut dibangun dalam platform yang sama dengan mesin diesel milik Mazda CX-5 dan Mazda6 yang juga telah dibekali teknologi Skyactiv-D namun hanya berbeda dalam kapasitas.

Teknologi Skyactiv-D adalah teknologi yang membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menekan emisi yang dihasilkan oleh mesin. Mazda kali ini fokus untuk meningkatkan kualitas pembakaran pada rasio kompresi rendah.

Mesin solar milik Mazda2 menghasilkan tenaga sebesar 103 horse power (HP) dengan torsi sebesar 184 pound-feet. Torsi yang dihasilkan oleh mesin diesel ini dua kali lipat dari torsi yang dihasilkan mesin bensin 1,5 liter yang diusung saat ini.

Mazda menjanjikan torsi dari Mazda2 akan tersedia di seluruh rentang rpm untuk akselerasi yang nyaman.

Mesin diesel ini untuk sementara akan hadir untuk Mazda2 yang akan di pasarkan di Jepang dan Eropa. Bahkan, untuk pasar negeri Paman Sam akan menggukakan mesin berkapasitas 2,2 liter yang saat ini sedang dipersiapkan.

Bisa jadi, Mazda2 yang dipasarkan di Amerika Serikat nantinya akan mengusung mesin yang sama dengan milik CX-5. (Ysp/Gdn)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya