AXIC Turut Populerkan Duet Avanza-Xenia

AXIC adalah komunitas pertama dan terbesar mengiringi kesuksesan mobil Avanza dan Xenia.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Agu 2015, 12:16 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2015, 12:16 WIB
AXIC Turut Populerkan Duet Avanza-Xenia
AXIC adalah komunitas pertama dan terbesar mengiringi kesuksesan mobil Avanza dan Xenia

Liputan6.com, Jakarta - Kepopuleran duo mobil kembar, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, di segmen low multipurpose vehicle (LMPV) sejak 2004 tentu tak berdiri sendiri. Ada peran penggunanya yang tergabung dalam satu komunitas atau klub.

Dari sekian banyak klub mobil kembar ini, AvanzaXenia Indonesia Club atau AXIC adalah yang pertama dan terbesar mengiringi kesuksesan mobil Avanza dan Xenia ini. Saat ini AXIC menjadi komunitas pengguna Avanza dan Xenia terbesar di Indonesia dengan jumlah anggota lebih dari 4.300 nomor ID.

Tercatat sebagai anggota Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta, AXIC memiliki 12 chapter di kawasan Jabodetabek dan 34 cabang di seluruh Indonesia. Ingin tahu sejarah AXIC dibangun, Liputan6.com menceritakannya untuk Anda.

AXIC bermula dari mailing list atau milis. Ya, sejak Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia diluncurkan pada Desember 2003 dan mulai diterima konsumen pada Februari 2004, para pengguna mobil kembar pertama di Indonesia ini mulai menghimpun diri dalam beberapa milis. Salah satunya adalah xeniaavanza@yahoogroups.com.

Maklum saja sebagai mobil model baru di pasar, Avanza dan Xenia tentu masih asing bagi penggunanya. Banyak ruang yang ingin dieksplorasi untuk mobil kategori LMPV ini. Setelah banyak berkomunikasi lewat dunia maya di berbagai milis groups, pengguna Avanza dan Xenia in sepakat untuk bertemu alias kopi darat/kopdar.

Kopdar tersebut banyak didorong oleh anggota milis Xeniavanza@yahoogroups.com. Akhirnya disepakatilah kopdar perdana dihelat pada 3 April 2004 di Plaza Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, tepatnya parkiran Put-put Golf.

Kopdar perdana saat itu berkumpul 30 orang yang kelak menjadi founder atau pendiri AXIC. Para pendiri AXIC itu antara lain Saleh, Haryo, Faizal, Irwan Abdaloh, Happy Martinus, Baihaqi, Ardi (yang kelak bikin buletin dan sticker AXIC), Widya Danaryanto, Hokky, Aris Praptono, Adji, dan Indro Adi Putranto (Indro).

Indro menjelaskan, ide berkumpul saat itu sederhana saja, yakni ingin mengumpulkan para pemilik mobil Avanza dan Xenia. Setelah kopdar di Parkir Timur itu, akhirnya dilakukan kesepakatan untuk membuat klub mobil yang menyatukan pengguna Avanza dan Xenia.

Disepakati nama klub baru itu adalah AvanzaXenia Indonesia Club atau disingkat AXIC, yang mencerminkan dua brand mobil kembar milik Toyota dan Daihatsu tersebut. Logo AXIC pun ditetapkan dengan logo huruf kapital yang warna-warni, disesuaikan dengan warna mobil Avanza dan Xenia saat itu.

Ketua umum AXIC pada periode I ini adalah Aris Praptono atau biasa dipanggil Tono (ID 0016). Sebagai pendiri, mereka mendapat kehormatan dengan mendapat nomor anggota atau ID mulai dari No 1 hingga 30.

"Jadi ID 0001 hingga 0028 adalah ID para pendiri AXIC," ujar Indro yang memiliki ID 0028.

Tono menambahkan dari beberapa milis pemilik mobil Avanza dan Xenia, akhirnya sepakat seluruh milis dijadikan satu saja, yakni axic@yahoogroups.com hingga kini.

"Semua terjadi secara spontanitas saja," ujar pria berkumis tebal ini dengan ramah. Sekira satu pekan kemudian, Milis terbaru AXIC, yakni Axic@yahoogroups.com pun terbentuk.

(msu/ian)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya