Obama Bakal Bahas Pengembangan Mobil Tanpa Sopir

Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, direncanakan akan membicarakan mobil tanpa pengemudi (automomos) pada State of the Union.

oleh Rio Apinino diperbarui 13 Jan 2016, 17:10 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2016, 17:10 WIB
Mobil Otonomos Harus Tetap dapat Dikontrol
Masyarakat menganggap mobil otonomos harus tetap dapat dikontrol secara manual.

Liputan6.com, Washington - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, direncanakan akan menyinggung pengembangan mobil tanpa sopir (otonomos) pada State of the Union atau pidato kenegaraan tahunan yang disampaikan di Kongres, malam ini (13/1/2015).

Melansir Automotive News, Rabu (13/1/2016), State of the Union ini akan menjadi pidato pertama Obama yang membicarakan perihal perkembangan industri otomotif dan teknologi. Pidato ini disampaikan pasca banyak pabrikan serius mengembangkan mobil tanpa sopir.

"White House memberitahu bahwa banyak hal akan dibicarakan di State of Union, dan itu fokus pada mobil self-driving," ujar Mark Rosekind, Ketua National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), dikutip dari Reuters.

Beberapa hal yang diprediksi akan dibicarakan Obama berkaitan dengan percepatan pengembangan mobil otonomos, termasuk di antaranya adalah aspek legal formal yang selama ini jadi salah satu hambatan pengembangan mobil.

Untuk diketahui, belum semua negara bagian AS memiliki aturan hukum yang mengatur penggunaan mobil otonomos di jalan umum. Padahal, telah banyak pabrikan yang pengembangan mobil otonomosnya telah mencapai tahap uji jalan, salah satunya adalah Google.

Sejauh ini ada beberapa negara bagian yang telah memiliki perangkat hukum tentang mobil otonomos. Tetapi, ada pembatasan soal kecepatan, misalnya di California kecepatan maksimal yang ditetapkan hanya 56 km/jam.

Wacana tentang aturan ini sebenarnya telah muncul jauh-jauh hari. Desember lalu misalnya, Rosekind berjanji akan segera membuat aturan mengenai mobil otonomos yang skalanya nasional. Ia berjanji akan mengeluarkan aturan baru yang sifatnya lebih fleksibel.

Selain berpidato, Obama juga dijadwalkan akan menghadiri Detroit Auto Show, Rabu pekan Depan. Belum diinformasikan apa saja yang akan dilakukan Obama di pentas otomotif tahunan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya