Cegah Lapisan Krom Mengelupas, Ini Caranya

Semprotan air bertekanan tinggi dari cuci steam bisa mengoyak lapisan krom.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 11 Okt 2016, 20:10 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2016, 20:10 WIB
Krom 3
Foto: Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu tahu bawang, salah satu bahan masakan ini memiliki struktur kulit yang berlapis-lapis apabila kita kupas. Kondisi bak kulit bawang juga bisa terjadi pada panel motor yang telah terlapisi krom.

Yanto Her, pemilik bengkel krom Cahaya Mutiara 2 di Jl. Raya Bekasi Timur No. 163, Jakarta Timur menjelaskan, lapisan krom bisa seperti kulit bawang apabila terkena tekanan air tinggi.

"Ada sejumlah kasus pada motor yang dicuci steam. Biasanya akan menimbulkan bintik-bintik becah, bahkan bisa mengelupas kayak kulit bawang apabila kualitas kromnya jelek," kata Yanto ini kepada Liputan6.com.

Adapun, lapisan krom berkualitas baik memiliki struktur yang sangat kuat. Bahkan mampu bertahan meskipun terbentur benda keras. Tapi, bila disemprot dengan air bertekanan, lapisan krom bisa rusak. 

"Kalau bicara mesin steam AC (air compressor) yang tekanannya 7-8 bar itu bisa menyobek kulit tangan, apalagi krom yang cuma pelapis. Bisa berantakan (karena tekanan air)," dia menambahkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya