Rakit Truk Berat Makan Waktu Dua Hari

Proses perakitan tiap pos memakan waktu sekitar 70 menit.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 18 Okt 2016, 16:45 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2016, 16:45 WIB
UD Quester
Foto: Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Merakit kendaraan butuh proses yang cukup panjang. Untuk truk misalnya, prosesnya mulai menyusun potongan rangka sasis, pemasangan kabin dan beragam komponen hingga menjadi kendaraan utuh.

PT Gaya Motor selaku manufaktur perakitan yang ditunjuk oleh UD Truck Indonesia memiliki install capacity hingga 10 unit per hari. Adapun proses perakitan satu unit UD Quester memakan waktu hingga dua hari.

"Satu unit post by post kami memerlukan tag time 70 menit dan ada 12 stations. Dari ujung ke ujung, total 15 jam dan karena kami satu shift kurang lebih dua hari," tutur Heri Kustianto, Plant Division Head PT Gaya Motor di sela-sela pembukaan Perakitan UD Quester.

Heri menturkan Plant 2 ini hanya untuk memproduksi truk, sejak 1986 saat UD Truck masih bernama Nissan Diesel. Kemampuan plant 2 ini bisa menggarap truk mencapai 200 unit per bulan dalam hitungan satu shift.

Untuk saat ini, UD Truck Indonesia belum banyak memakai kandungan lokal dalam Quester. Sebagian besar komponen pada Quester rakitan Sunter ini masih impor.

"Komponen kami masih dari Thailand, beberapa komponen lokal, terutama ban. Nanti akan menyusul proses lokalisasi lainnya," tutur Heri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya