Toyota Kucurkan Dana Triliunan ke Startup, untuk Apa?

Toyota Research Institute (TRI), anak perusahaan Toyota Motor, menginvestasikan dana Rp 1,33 triliun ke startup teknologi terpilih.

oleh Rio Apinino diperbarui 14 Jul 2017, 07:16 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2017, 07:16 WIB
Toyota
Logo Toyota.

Liputan6.com, California - Toyota Research Institute (TRI), anak perusahaan Toyota, menginvestasikan dana sebesar US$ 1 juta atau setara dengan Rp 1,33 triliun ke perusahaan startup teknologi terpilih.

Melansir Automotive News, Kamis (13/7), Selasa lalu pabrikan mobil asal Jepang itu mendirikan divisi khusus bernama Toyota AI Ventures yang akan fokus pada investasi di bidang pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI), robotika, teknologi otonom, dan cloud.

Jim Adler, Vice President of Data and Business Development TRI, mengatakan bahwa digandengnya startup karena selama ini banyak teknologi disruptif yang hadir dari sana. "Karenanya kami ingin membantu mereka menjadi sukses," ujar Adler.

Sementara CEO TRI, Grill Pratt, mengatakan bahwa berkolaborasi dengan bakat-bakat terpendam di dunia wirausaha adalah hal yang baik. "TRI berkembang pesat, dan kami menyadari pentingnya memperluas kolaborasi kami dengan bakat kewirausahaan di dunia," terangnya.

Sejauh ini ada tiga startup yang menerima investasi dari Toyota. Ketiganya adalah Nauto, yang fokus di kecerdasan buatan. SLAMCore, startup dan perusahaan otonomos, dan satu startup asal Israel.

Pada tahap awal, Toyota AI Ventures akan memberikan konsultasi dan mentoring bagi startup-startup ini di markas mereka yang ada di Silicon Valley, Amerika Serikat (AS).

 

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya