Bangun Motor Kustom, Ini Hal yang Paling Butuh Ketelitian

Membangun motor kustom butuh ketelitian dalam pembubutan dan hitung-hitungan agar semua komponen presisi.

oleh Yurike Budiman diperbarui 08 Mei 2018, 06:10 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2018, 06:10 WIB
Kawasaki W 175
Kawasaki W175 dengan tangki chrome, hasil custom Street Arts Custom (SAC)

Liputan6.com, Jakarta - Membangun motor kustom benar-benar membutuhkan ketelitian. Terlebih untuk pemasangan shock, ban dan komponen lain agar tetap presisi dan tidak ada kesalahan.

Arie Indra, owner bengkel modifikasi Street Arts Custom, mengatakan tidak ada hal yang lebih rumit dibandingkan hitung-hitungan dalam pembuatan motor kustom.

"Bagian yang rumit di hitungan sih yang pakai millimeter itu, lebih ke pembubutan segala macam. Misalnya masang shock kan ubahan, ini kan hitungan kalau di matematika trigonometri kali ya, jadi sudut-sudutnya berapa," kata Arie, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, membangun motor harus benar-benar teliti dalam berhitung.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:


Selanjutnya

"Biasanya papas berapa milimeter supaya ban center, presisi. Sebenarnya itu sudah jadi makanan sehari-hari tapi benar-benar butuh ketelitian, kurang 1 mm aja kadang bisa seret," ujar dia.

Dalam pembuatan motor kustom, di Street Arts sendiri membutuhkan waktu setidaknya 3-4 bulan per motor.

"Kalau keluarnya sekitar 4-6 motor yang keluar per bulan, tergantung juga kadang beberapa sparepart ada yang impor, ban juga impor. Ketergantungan dari pabrik juga seperti shock kan kita gak bisa bikin, dari Yamaha kita beli. Kadang barang inden, itu juga mempengaruhi (lama pembuatan)," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya