Honda Civic Type R Terbaru Mulai Berani Menampakan Diri

Honda Civic Type R model year 2023 mulai berani menampakan diri. Meski berbalut kamuflase, setidaknya perawakannya bisa dibayangkan.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Okt 2021, 14:00 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2021, 14:00 WIB
Honda Civic Type R
Honda Civic Type R terbaru tengah uji jalan. (Carscoops)

Liputan6.com, Jakarta - Honda Civic Type R model year 2023 mulai berani menampakan diri. Meski berbalut kamuflase, setidaknya  perawakannya bisa dibayangkan.   

Type R merupakan versi terkencang Honda Civic. Setiap model Honda Civic dari beberapa generasi terakhir selalu disertakan versi Type R. Hal itu tidak terkecuali untuk Civic generasi sekarang, yang telah meluncur beberapa bulan lalu.

Dan Civic Type R terbaru kini telah dipastikan akan tetap ada, dengan munculnya sejumlah teaser resmi dari Honda sendiri.

Honda berencana meluncurkan Civic Type R terbaru pada tahun depan, yang wujudnya dipamerkan lewat teaser kali ini. Seperti tradisi Type R setidaknya sejak generasi terakhir, Civic Type R tampil lebih agresif ala mobil balap, lewat bodykit yang sangat sporty.

Meski ditutupi kamuflase merah di sekujur body, lekuk body dan tambahan aero kit baru Civic Type R jelas terlihat.

Bumper depan dengan intake besar menjadi wajah Type R terbaru, yang ekspresinya lebih kalem dibandingkan generasi pendahulu.

Memang kalau dilihat secara keseluruhan desain Civic generasi baru ini tidak memainkan garis-garis maupun lekuk body yang agresif lagi.

Namun tampang Type R baru tetap memiliki karakter sporty, terutama dengan dipasangnya sayap besar di belakang. Pelek berdesain palang sepuluh yang ramping juga memperkuat tampilannya.

Fender depan dan belakang juga tampak melebar dibandingkan Civic standar, untuk mengakomodasi velg yang pastinya punya tapak lebih lebar.

Type R kembali dibuat berbasis pada Civic Hatchback, yang bisa dilihat dari garis atapnya yang masih cukup tinggi di bagian belakang. Bumper belakang tampak punya aksen ala diffuser di bagian bawah, dihiasi oleh tiga pipa knalpot khas Civic Type R.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Informasi Terbatas

Tapi hanya sebatas itu Honda mau memberikan informasi. Sejauh ini tidak diungkap informasi soal spesifikasi teknisnya. Tapi menurut lansiran dari beberapa sumber, mesin empat silinder 2.0 liter turbo tetap akan diandalkan untuk Civic Type R, yang mendapat sejumlah upgrade.

Model saat ini mesinnya menghasilkan tenaga 306 hp dan torsi 400 Nm yang disalurkan hanya ke roda depan. Transmisinya juga hanya tersedia jenis manual 6-percepatan. Suspensi dan pengereman tidak ketinggalan ditingkatkan mengikuti performanya.

Rumornya, Honda akan menjadikan Civic Type R terbaru sebagai model bermesin pembakaran internal murni untuk dipasarkan di Eropa. Honda telah memantapkan komitmennya untuk beralih ke teknologi elektrifikasi di pasar Eropa, mengikuti tuntutan regulasi emisi yang semakin ketat.

Pada generasi sebelumnya, Civic Type R sempat memecahkan rekor lap tercepat untuk mobil FWD (penggerak roda depan) di Nurburgring Nordschleife, Jerman.

Nah, lewat generasi baru ini bukan tidak mungkin rekor tersebut akan dipertajam oleh Honda nantinya saat Civic Type R versi produksi telah lahir. Selain Nurburgring, beberapa sirkuit lain juga dipecahkan rekornya oleh Civic Type R.

Sumber: Oto.com


Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya?

Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya? (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya? (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya