Volume Lalu Lintas Jelang Lebaran 2023 Alami Peningkatan 107 Persen Lebih

Arus mudik yang terjadi selama arus mudik lebaran 2023 terpantau terus meningkat. Hal ini diperkuat oleh data yang dirilis oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, di mana mereka mencatat ada peningkatan sebesar 107 persen lebih bila dibandingkan pada tahun lalu.

oleh Arief Aszhari diperbarui 22 Apr 2023, 14:02 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2023, 14:02 WIB
PT Jasa Marga yang akan memberikan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek bagi pemudik yang mudik Lebaran lebih awal.
PT Jasa Marga yang akan memberikan diskon sebesar 20 persen untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek bagi pemudik yang mudik Lebaran lebih awal.

Liputan6.com, Jakarta - Arus mudik yang terjadi selama arus mudik Lebaran 2023 terpantau terus meningkat. Hal ini diperkuat oleh data yang dirilis oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, di mana mereka mencatat ada peningkatan sebesar 107 persen lebih bila dibandingkan pada tahun lalu.

Dilansir dari laman Jasamarga, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan hal ini sejalan dengan prediksi yang diutarakan oleh Kementerian Perhubungan sebelum puncak arus mudik 2023.

“Kalau dibandingkan dengan lalin normal, malah naik hingga 107,3%. Hal ini selaras dengan prediksi Kementerian Perhubungan terkait pilihan moda yang digunakan oleh masyarakat pada masa mudik yaitu mayoritas menggunakan mobil pribadi, sebesar 27,32 juta kendaraan arus,” jelasnya.

Tercatat sebanyak 153.590 kendaraan, yang ikut memecahkan rekor kedua Jasa Marga dalam melayani arus lalu lintas tertinggi pada periode arus mudik karena meningkat 13,36% jika dibandingkan dengan puncak Lebaran 2022 sebesar 135.487 kendaraan. Sementara itu, jika dibandingkan dengan lintas lalu (lalin) normal, angka ini meningkat sebesar 168,5%.

Lisye juga menjelaskan, dengan adanya peningkatan sebesar 8,7% jika dibandingkan dengan Lebaran 2022, Jalan Tol Trans Jawa juga masih menjadi pilihan favorit pemudik. Hal ini juga selaras dengan prediksi Kementerian Perhubungan bahwa Jalan Tol Trans Jawa merupakan pilihan jalur utama bagi pengguna mobil pribadi yang mendominasi sebesar 33,53%.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


All New Honda Civic Type R Pecahkan Rekor Mobil FWD Tercepat di Sirkuit Nurburgring

All new Honda Civic Type R kembali memecahkan rekor sebagai mobil berpenggerak roda depan (FWD) tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Model ini merupakan generasi terbaru (FL5) yang berhasil mencatatkan waktu 7 menit 44.881 detik saat pengujian di lintasan yang memiliki panjang 20.832 km.

Rekor catatan waktu tersebut sebelumnya juga pernah ditorehkan oleh Honda Civic Type R generasi sebelumnya di Sirkuit yang sama pada 2017.

 Selain itu, all new Honda Civic Type R juga telah berhasil mencatatkan rekor mobil FWD tercepat di Sirkuit Suzuka, Jepang pada 2022 dengan catatan waktu 2 menit 23.120 detik.

Generasi terbaru dari Honda Civic Type R pertama kali diluncurkan di Jepang pada bulan September 2022 dan langsung disambut dengan antusias oleh para penggemarnya di seluruh dunia.

Pada akhir Maret 2023, Honda Civic Type R telah diluncurkan di Indonesia dengan desain agresif serta mesin dengan tenaga terbesar. All new Honda Civic Type R merupakan model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda.

Desain mobil sport ini dikembangkan dengan konsep Ultimate SPORT 2.0 yang mengejar performa dari mobil balap dan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Honda Civic Type R generasi terbaru ini mengusung mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 319 PS dan torsi maksimal sebesar 420 Nm.

Infografis titik rawan macet mudik Lebaran 2018
Infografis titik rawan macet mudik Lebaran 2018 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya