Berkunjung ke China, Wapres Ma'ruf Amin Dukung Perluasan Investasi Wuling di Indonesia

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma'ruf Amin tengah melakukan kunjungan kerja ke China

oleh Arief Aszhari diperbarui 17 Sep 2023, 12:12 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2023, 12:12 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Idul Adha 1444 Hijriah akan melaksanakan kurban sapi di Masjid Istiqlal.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Idul Adha 1444 Hijriah akan melaksanakan kurban sapi di Masjid Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma'ruf Amin tengah melakukan kunjungan kerja ke China. Termasuk dalam agenda lawatannya ke Tiongkok, juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Lan Tianli di Meeting Room Lt. 1, Villa 22, Liyuan Resort, Nanning, Guangxi, Sabtu (16/9/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Wapres menyampaikan tiga hal penting kepada gubernur Tianli, salah satunya adalah penekanan terhadap pentingnya kerja sama investasi antara Indonesia-Guangxi.

Dengan begitu, ia meminta dukungan penuh dari Pemerintah Guangxi dalam merealisasikan investasi, terutama di sektor-sektor penting seperti transisi energi dan ekonomi hijau.

“Salah satu pelaku industri besar Guangxi yaitu Wuling Motors berinvestasi besar di Indonesia, termasuk pada ekosistem kendaraan listrik dan menjadi bukti kemampuan Indonesia sebagai mitra investasi,“ terang Wapres, dalam keterangan resmi, Minggu (17/9/2023).

Sementara itu, terkait investasi yang dilakukan oleh Wuling di Indonesia, hingga saat ini jenama Tirai Bambu ini teloah merealisasikan penanaman modelnya senilai US$ 1 miliar.

Dana tersebut, digunakan untuk membangun pabrik dan meluncurkan 6 jenis kendaraan di Indonesia termasuk kendaraan listrik Wuling Air ev.


Pabrik Wuling di Cikarang

Pabrik Wuling Motors
Pabrik Wuling Motors

Pabrik Wuling sendiri, berada di atas lahan seluas 60 hekatar yang terletak di Greenland International Industrial Center, Cikarang, Jawa Barat. Dengan mengaplikasikan global manufacturing system (GMS), Wuling memastikan bahwa pabriknya mampu untuk mencapai efisiensi proses produksi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Pabrik tersebut didukung dengan empat fasilitas produksi dan terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan.

"Total investasi Wuling melebihi US$1 miliar dan total jenis produk yang dibuat sebanyak 6 produk," terang Presiden Direktur Wuling Motors Shi Guoyong.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya