6 Calon Gubernur Aceh Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan dilakukan selama dua hari hingga Minggu 25 September 2016.

oleh Liputan6 diperbarui 24 Sep 2016, 10:52 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2016, 10:52 WIB
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Liputan6.com, Aceh - Tak hanya bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang menjalani pemeriksaan kesehatan hari ini. Enam pasangan petarung dalam Pilkada Aceh pun mulai menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh.

Calon peserta pemilihan kepala daerah Aceh pada 15 Februari 2017 antara lain Zaini Abdullah dan Nasaruddin, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, serta Zakaria Saman dan T Alaidinsyah.

Pasangan lainnya adalah Muzakir Manaf-TA Khalid, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa, dan Tarmizi A Karim-T Machsalmina Ali.

Wakil Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Basri M Sabi di Banda Aceh mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan selama dua hari hingga Minggu 25 September 2016.

"Pemeriksaan melibatkan sejumlah dokter spesialis dari Ikatan Dokter Indonesia," kata Basri, di Aceh, Sabtu (24/9/2016) seperti dilansir Antara.

Selain menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan psikologis, para peserta akan menjalani pemeriksaan narkoba.

"Jika ada calon yang positif narkoba, maka pencalonannya digugurkan. Tes narkoba ini berlapis, mulai urine, darah, hingga pemeriksaan rambut," kata Basri.

Selain pada pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan juga diikuti lebih dari seratus calon bupati/wali kota dan wakilnya.

"Pemeriksaan bersamaan ini karena di Aceh digelar pilkada serentak antara provinsi dengan pilkada di 20 dari 23 kabupaten/kota," kata Basri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya