Airlangga Hartarto Tidak Masalah Banyak Dinasti Politik di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan tidak masalah dengan praktik dinasti politik di partainya. Sebab, kata Airlangga, para kader yang maju dalam pemilu merupakan kader berprestasi.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 20 Okt 2023, 18:20 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2023, 18:19 WIB
Prabowo Subianto Hadiri Syukuran HUT ke-59 Partai Golkar
Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Bacapres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri ke kanan) saat syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Partai Golkar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan tidak masalah dengan praktik dinasti politik di partainya. Sebab, kata Airlangga, para kader yang maju dalam pemilu merupakan kader berprestasi.

Airlangga menyebut Partai Golkar sudah biasa dengan politik dinasti. Dia lalu mencontohkan Bupati Bintan Roby Kurniawan yang merupakan anak dari Gubernur Kepulauan Riau dan politikus Golkar Ansar Ahmad.

Kemudian, Puteri Komarudin yang saat ini merupakan anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Golkar. Puteri adalah anak dari politikus senior Partai Golkar sekaligus mantan Ketua DPR RI, Ade Komarudin.

"Ini kita dari under (usia di bawah) 40, dan semuanya second generation dan dari dinasti. Jadi Golkar ini banyak dinasti, yang kita tentang feodalisme. Jadi ini semua dinasti berprestasi dan dipilih oleh rakyat," kata Airlangga saat menyampaikan sambutan dalam acara Syukuran HUT ke-59 Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Dia mengatakan banyak kader Partai Golkar yang berusia di bawah 40 tahun. Airlangga mengatakan kader-kader muda siap memenangkan bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto di kalangan generasi Z dan milenial.

"Jadi, walaupun Golkar senior, tapi kader mudanya banyak dan kader mudanya siap untuk memenangkan generasi Z dan milenial untuk Pak Prabowo," ujar Airlangga.

Airlangga menyebut Partai Golkar memiliki mesin partai yang kuat untuk memenangkan Prabowo di pilpres 2024. Sebab, Partai Golkar memiliki kader di setiap daerah yang memiliki basis massa cukup besar.

"Kita ada Pak Ridwan Kamil di Jawa Barat dan Pak Ace (Ketua DPD Golkar Jawa Barat). Pak Prabowo, insyaallah Jawa Barat kita kunci. Kita punya Jawa Timur ada Bu Khofifah (Indar Parawansa)," tutur Airlangga Hartarto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Usung Cawapres di Bawah 40 Tahun, Golkar Siap Rebut Jawa Tengah

Koalisi Indonesia Maju
Ketum Partai Gerindra sekaligus bacapres, Prabowo Subianto (tengah) bersama Ketum Partai Golkar Airlangga Hartanto (kedua kiri), Ketum PAN Zulkifli Hasan (kedua kanan), Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra (kanan) dan Ketum Gelora Anis Matta (kiri) sesaat sebelum melakukan rapat tertutup di kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (14/9/2023). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu juga optimistis mampu meraup suara banyak di Jawa Tengah dengan kader muda.

"Dengan under 40 kita bisa rebut Jawa Tengah. Kita bisa rebut kembali. Kita optimis bisa menang," kata Airlangga Hartarto.

Acara HUT Golkar ini dihadiri Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade.

Selain itu, ada pula Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono dan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie dan sejumlah elite Golkar lainnya.

Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tudingan Politik Dinasti dan Klarifikasi Gibran Rakabuming. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya