Nasihat Istri Hoegeng kepada Ganjar Pranowo: Kamu Harus Kuat

Dalam kunjungan itu, Ganjar Pranowo mengaku banyak mendapat nasihat dari Merry Hoegeng. Menurut dia, nasihat itu diberikan karena dirinya bagian dari keluarga Bhayangkara.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 27 Nov 2023, 16:27 WIB
Diterbitkan 27 Nov 2023, 16:26 WIB
Ganjar
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi kediaman Merry Hoegeng, istri mantan Kapolri Hoegeng Imam Santoso di Depok, Jawa Barat, Senin (27/11/2023). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi kediaman Merry Hoegeng, istri mantan Kapolri Hoegeng Imam Santoso di Depok, Jawa Barat, Senin  (27/11/2023).

Dalam kunjungan itu, Ganjar mengaku mendapat banyak nasihat dari Merry Hoegeng. Menurut dia, nasihat itu diberikan karena dirinya bagian dari keluarga Bhayangkara.

"Saya anak Bhayangkara jadi mendapatkan nasihat-nasihat," ujar dia saat menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Dalam pesannya, Merry memintanya untuk tabah dalam menghadapi segala cobaan maupun godaan yang datang bertubi-tubi.

"Ya nasihatnya kamu harus kuat, kamu harus serius, akan banyak godaan tapi harus tabah. Tetap mendukung," ujar dia.

Sebelumnya, Ganjar bersilaturahmi dan melihat keadaan istri mendiang Jenderal Hoegeng. Ganjar tampak mengenakan pakaian hitam.

Banyak perbincangan antara Ganjar dan Meri Hoegeng. Termasuk soal kisah-kisah Hoegeng yang masih diingat dengan sangat baik oleh Meri. Sesekali cerita itu juga disampaikan oleh anak-cucu Hoegeng.

"Seperti bertemu ibu, saya senang, anak seorang perwira pertama bisa bertemu dengan ibunda, istri kapolri yang legend, bangga sekali," ujar Ganjar.

Usai berkunjung di kediaman, Ganjar diajak anak-cucu Hoegeng untuk melihat Gallery Hoegeng. Di sana, tersimpan rapi koleksi lukisan asli serta barang-barang peninggalan Jenderal Hoegeng.


Ganjar Ingatkan Semangat Reformasi

Calon Presiden Ganjar Pranowo, mengingatkan masyarakat Indonesia akan pengorbanan dan semangat reformasi dalam upaya menciptakan Indonesia sejahtera dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Dia menegaskan, sejarah reformasi harus menjadi pijakan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Ganjar pun ingin memfokuskan perhatian pada peningkatan kesejahteraan dan pembenahan sistem agar terhindar dari praktik KKN.

Hal itu disampaikan Ganjar dalam sambutannya dalam acara pelantikan Tim Pemenangan Daerah Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, Sabtu (25/11/2023).

"Hari ini, kita hutang besar kepada mereka (pahlawan), kita punya hutang besar pada republik ini, maka demokrasi dan demokratisasi harus berjalan dengan baik, harus berjalan dengan fair, agar pemerintah ini semakin bersih, semakin melayani, makin anti korupsi," kata Ganjar di Centre Point Of Indonesia (CPI), Kota Makassar.

Politikus PDIP ini menegaskan bahwa agenda reformasi harus terus diaktualisasikan dalam pembangunan Indonesia ke depan.

Fokus dalam agenda reformasi yang diusung oleh Ganjar adalah peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan, akses kesehatan, pendidikan yang baik dan anti KKN.

Ia berkomitmen untuk menciptakan sistem yang terbuka dan akuntabel, sehingga setiap tindakan pemerintah dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat.

"Itu juga kita harapkan, anak-anak kita kemudian bisa mendapatkan akses kesehatan, pendidikan yang baik, dan kita akan mendapatkan bonus demografi," ungkap Ganjar.

Infografis Bursa Cawapres Pendamping Ganjar dan Prabowo
Infografis Bursa Cawapres Pendamping Ganjar dan Prabowo (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya