Makan Nasi Kapau di Senen, Gibran Ingin Pedagang Terdigitalisasi Agar Omzet Naik

Gibran mengatakan, alasannya makan siang di Jalan Kramat itu karena makanan padang disana sudah terkenal memiliki citarasa yang enak. Selain itu juga momen untuk mempromosikan kuliner UMKM.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 03 Des 2023, 14:35 WIB
Diterbitkan 03 Des 2023, 14:35 WIB
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke nasi kapau untuk makan siang di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (3/10/2023).
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke nasi kapau untuk makan siang di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (3/10/2023). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke nasi kapau untuk makan siang di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (3/10/2023). Kegiatan ini dilakukan Gibran usai mengikuti car free day (CFD) dan blusukan ke Pasar Rawasari Jakarta Pusat.

Gibran mengatakan, alasannya makan siang di Jalan Kramat itu karena makanan padang disana sudah terkenal memiliki citarasa yang enak. Selain itu juga momen untuk mempromosikan kuliner UMKM.

"Abis dari CFD ke pasar, lapar ya. Terus kesini aja. Nasi Kapau di Senen sudah terkenal banget ya. Seperti biasa ya. Paru, dendeng, ayam," kata Gibran kepada wartawan, Minggu (3/11/2023).

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu berharap ke depan para pedagang masakan asal Padang itu nantinya bisa lebih mengembangkan usahanya. Dia ingin nantinya pedagang sudah terdigitalisasi agar omzetnya bertambah.

"Kalau urusan citarasa tidak usah dipertanyakan lagi. Ke depan mungkin harus ditambah lagi tempat parkir, dibanyakin lagi meja kursinya, kalau bisa pedagang juga sudah bisa cashless dan lain-lain. Saya kira nanti tambah rame," ungkapnya.

Disisi lain, Gibran yang masih menjabat sebagai Wali Kota Solo itu menyampaikan dirinya akan kembali ke Solo pada Senin, 4 Desember 2023. Pasalnya, Gibran hanya mengambil cuti kampanye pada Sabtu, Minggu, dan Senin.

"Besok Senen pulang. Saya kan cutinya hari Senin saja. Jadi selasa, Rabu, Kamis masih bisa melanjutkan pekerjaan sebagai Wali Kota," jelas Gibran.

 


Blusukan ke Pasar Rawasari

Gibran Blusukan ke Pasar Rawasari
Gibran tiba pukul 10.25 WIB. Dia berkomunikasi dan menyapa para pedagang di pasar. Tak lupa, Gibran dan Selvi membagikan susu kepada masyarakat yang juga menjadi program mereka. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka blusukan ke Pasar Rawasari usai menyapa warga di car free day (CFD), Jakarta Pusat. Gibran didampingi istrinya Selvi Ananda.

Selain berkomunikasi dengan warga dan pedagang, Gibran dan Selvi juga membagikan susu kepada masyarakat yang juga menjadi program mereka.

Gibran menegaskan kegiatan pagi ini di CFD bukanlah kampanye. Gibran mengatakan alasannya membagikan susu di CFD.

Setelah itu, Gibran melakukan blusukan ke Pasar Rawasari Jakarta Pusat, Minggu (3/12/2023). Gibran menemukan harga cabai yang mengalami kenaikan.

"Tadi kita cek beberapa harga ya terutama cabai ya, agak naik. Tadi kita belanja beberapa ini juga buah-buah, sayur, dan lain-lain. Tapi yang paling menonjol itu cabai ya, cabai agak mahal di 95 (ribu per kilogram)," kata Gibran kepada wartawan Pasar Rawasari Jakarta Pusat, Minggu (3/12/2023).

 


Prediksi Kenaikan Harga Cabai Jelang Akhir Tahun

Gibran Blusukan ke Pasar Rawasari
"Tadi kita cek beberapa harga ya terutama cabai ya, agak naik. Tadi kita belanja beberapa ini juga buah-buah, sayur, dan lain-lain. Tapi yang paling menonjol itu cabai ya, cabai agak mahal di 95 (ribu per kilogram)," kata Gibran. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dia memprediksi kenaikan harga cabai terjadi karena menjelang akhir tahun. Gibran pun mendorong masyarakat untuk belanja bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional.

"Tapi yang jelas, karena ini sudah mendekati akhir tahun, kita dorong semua warga untuk belanjar di pasar tradisional. Kita ramein," ujarnya.

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu menilai kenaikan harga menjelang akhir tahun adalah hal yang wajar. Namun, kata dia, biasanya harga-harga kebutuhan pokok mulai stabil pada awal tahun.

"Akhir tahun kan emang harganya lagi naik semua ini. Mudah-mudahan awal tahun sudah stabil ya, ini dari sisi konsumen ini," tutur Gibran.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya