Atikoh Ganjar Minta Perempuan Indonesia Kuat, Agar Negara Jadi Kuat

Istri Ganjar, Siti Atikoh mengatakan, perempuan merupakan tiang suatu negara. Karena itu, ia meyakini jika para perempuan di suatu negara kuat, maka negaranya juga akan menjadi kuat.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 28 Des 2023, 11:52 WIB
Diterbitkan 28 Des 2023, 11:47 WIB
Istri capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti
Istri capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Suprianti berdialog dengan ibu-ibu Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari Desa Wirokerten dan wanita hamil di Joglo Dahar Gedhang Mas, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Rabu (27/12/2023). (Foto: Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Liputan6.com, Jakarta - Istri Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, menyampaikan pesan kepada perempuan Indonesia untuk bisa menjadi manusia yang kuat.

"Beberapa hal yang ingin saya sampaikan, yang pertama itu kita sebagai perempuan harus bakoh. Bakoh tau nggak Bu? Kuat," kata Siti Atikoh menyapa ibu-ibu senam di Lapangan Kwarasan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (28/12/2023).

Atikoh mengatakan, perempuan merupakan tiang suatu negara. Karena itu, ia meyakini jika para perempuan di suatu negara kuat, maka negaranya juga akan menjadi kuat.

"Kalau perempuannya bakoh maka negaranya itu juga akan menjadi kuat, Atikoh, Bakoh. Ibu-ibu semua juga harus seperti itu, karena kita menjadi tiangnya negara," ujarnya.

Salah sektor penting yang dicontohkan oleh Atikoh adalah di dalam rumah tangga. Ia mengibaratkan perempuan menduduki jabatan setara menteri di rumah.

"Kita jadi di rumah itu bosnya kita loh, bu. Bagaimana kita bisa mendidik anak kita, kita menjadi manager keuangan, bisa menjadi menteri pendidikan, menteri luar negeri, yang atur semua itu kita," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Atikoh, perempuan harus bisa bekerja secara cepat. Ini sesuai dengan program dan tagline dari Ganjar-Mahfud.

"Sehingga perempuan itu harus tas tes sat set, kaya Pak Ganjar dan Pak Mahfud sat set tas tes," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Atikoh Ganjar Disambut Ratusan Ibu-ibu Magelang untuk Senam 'Rambut Putih' Bersama

Atikoh
Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, melakukan senam Sicita dan senam Rambut Putih bersama kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) di lapangan Kwarasan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (28/12/2023) pagi. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, melakukan senam Sicita dan senam Rambut Putih bersama kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) di lapangan Kwarasan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (28/12/2023) pagi.

Tak hanya kader, senan ini juga dihadiri simptisan dan warga sekitar. Turut hadir juga anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Vita Erviani, Anggota DPRD Provinsi Jateng, Peni Dyah Perwitosari, dan Ketua DPC PDIP Kota Magelang Budi Prayitno.

Ratusan orang telah berkumpul di lapangan Kwarasan, Magelang, sejak pukul 06.00 WIB, dan antusias untuk mengikuti senam.

Adapun Atikoh tiba di lokasi sekitar pukul 07.00 WIB. Kedatangannya disambut meriah dan antusias oleh peserta yang sudah berkumpul.

Massa yang hadir nampak berebut untuk menyalami Atikoh. Tak jarang Atikoh juga diajak untuk berswafoto.

Usai itu, Atikoh Ganjar langsung bergabung ke tengah-tengah massa untuk memulai senam. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian Atikoh dan para peserta melakukan Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita).

Setelahnya dilanjutkan dengan senam 'Rambut Putih', diiringi lagu yang liriknya bahasa Jawa.

"Abang klambi abang sing tak sayang, putih rambut putih sing tak pilih. Ra peduli mengkerut bathuk'e, tanda sat set le nyambut gawe," demikian petikan lagu Rambut Putih.

 


Cegah Stunting, Atikoh Ganjar Bagikan Telur ke Ibu Hamil di Bantul

Istri capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti
Istri capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti berdialog dengan ibu-ibu pengajian dan wanita hamil dari Kecamatan Banguntapan, Bantul. (Foto: Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Istri capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, membagikan telur kepada para ibu hamil di Joglo Dahar Gedhang Mas, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Rabu (27/12/2023).

Pembagian telur itu dilakukan usai Siti Atikoh berdialog dengan ibu-ibu pengajian dan wanita hamil dari Kecamatan Banguntapan, Bantul.

Atikoh meminta kepada para ibu hamil untuk bisa menerapkan gaya hidup sehat. Termasuk soal makanan yang harus dikonsumsi terutama telur yang menurut dia kaya akan protein.

"Telur itu asam folatnya tinggi sekali. Kalau untuk ibu hamil itu memang zat gizi yang sangat penting," ujarnya.

Menurut Atikoh, pencegahan stunting yang paling efektif dimulai dari bayi saat berada di dalam kandungan, bukan setelah lahir.

Dia menuturkn, gizi ibu hamil itu penting untuk diperhatian, salah satunya dengan mengonsumsi telur.

"Telur itu putih telurnya proteinnya tinggi sekali, kalau kuning telurnya? Itu asam folatnya tinggi untuk membentuk syaraf otak dari si janin," kata Atikoh.

 

Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Mahfud MD Diumumkan Jadi Cawapres Ganjar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya