Anies Bertemu Relawan, Diminta Maju Pilkada Jakarta Tanpa Kaesang

Saat berada di lokasi, warga yang hadir terlihat beberapa kali meneriaki Anies agar tidak berpasangan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

oleh Winda Nelfira diperbarui 19 Jun 2024, 14:13 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2024, 14:13 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan menghadiri acara Silaturahmi Elemen Warga Jakarta di Pekayon Raya, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024).
Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan menghadiri acara Silaturahmi Elemen Warga Jakarta di Pekayon Raya, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024). (Winda Nelfira).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan menghadiri acara Silaturahmi Elemen Warga Jakarta di Pekayon Raya, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024). Saat berada di lokasi, warga yang hadir terlihat beberapa kali meneriaki Anies agar tidak berpasangan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Momen itu terjadi saat warga perwakilan dari Jakarta Barat dan Jakarta Selatan menyampaikan aspirasinya kepada Anies. Warga mendukung penuh langkah Anies untuk kembali menjadi gubernur DKI Jakarta, namun tak berpasangan dengan Kaesang.

"Tanpa tukang pisang, tanpa tukang pisang," kata seorang pria yang hadir di lokasi.

Diketahui, Kaesang mempunyai bisnis kuliner olahan pisang bernama Sang Pisang. Awalnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini membangun bisnis Sang Pisang bersama Ansari Kadir sejak 2017.

Adapun dalam kegiatan ini, pendukung Anies juga menorehkan tanda tangan di kain putih sepanjang 1 kilometer sebagai bentuk dukungan untuk Anies agar maju sebagai gubernur DKI Jakarta periode 2024-2029.

Atas dukungan itu, Anies mengucapkan terima kasih karena masih diberikan kepercayaan untuk berjuang di Jakarta. Anies menegaskan perjuangan dalam Pilpres 2024 sudah selesai, sehingga dia bakal konsentrasi maksimal di Jakarta.

"Saya ingin ingatkan bahwa fase perjuangan kemarin sudah lewat, dan fase baru ini kita konsentrasi pada warga Jakarta yang membutuhkan tangan negara," kata Anies.

Menurutnya, Jakarta ke depan akan menjadi kota perekonomian besar di Indonesia maupun dunia, sehingga warga yang tinggal di dalamnya juga harus merasakan pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Kita tak ingin mereka yang kecil hidupnya sulit di Jakarta, kebijakan ke depan harus berpihak pada keadilan, yakni membesarkan yang kecil tanpa mengecilkan yang besar, apalagi ke depan Jakarta adalah pusat perkonomian maka sepantasnya masyarakat merasakan ekonominya tumbuh," jelas Anies.

Lebih lanjut, Anies juga berpesan kepada relawan agar saling dukung sehingga apa yang menjadi tujuan bersama yakni menghadirkan Jakarta sebagai kota yang setara dan berkeadilan dapat diwujudkan

"Sekarang kita fokus untuk membuat warga Jakarta merasakan kehidupan dengan tenang dan kita fokus disitu, bila Allah izinkan apa yang dikerjakan kemarin bisa diteruskan," ujar Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies soal Wacana Diduetkan dengan Kaesang: Lebih Penting Ngomongin Kampung Bayam

Anies - Kaesang
Anies Baswedan dan Kaesang Pangarep. (Liputan6.com)

Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal wacana dirinya akan dijodohkan dengan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep di Pilkada 2024.

Menurut dia, untuk sekarang tak penting membicarakan hal tersebut. Anies pun berseloroh lebih penting bicarakan mengenai Kampung Bayam.

Diketahui, masih terjadi polemik antara warga Kampung Bayam dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) terkait hunian Kampung Susun Bayam (KSB), Papanggo, Jakarta Utara.

"Saat ini lebih penting saya ngomongin soal Kampung Bayam, daripada soal wakil," kata Anies kepada wartawan di Jakarta Selatan, Senin (17/6/2024).

Dia enggan bicarakan soal bakal calon wakil gubernur, pasalnya hingga kini proses pengusungan terhadap sosok yang dicalonkan untuk maju di Pilkada Jakarta masih dibicirakan oleh partai politik.

"Karena proses politik penyusunan partai-partai masih berjalan," jelas dia.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas mengatakan, telah menjalin komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk Pilkada Jakarta 2024.

Komunikasi dengan PSI dilakukan usai DPW PKB Jakarta resmi mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur tunggal untuk Pilgub Jakarta 2024. Komunikasi membahas terkait peluang duet Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

"Kita terbuka dengan wakil gubernur siapapun, termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media (bilang) bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies," kata Hasbiallah di DPW PKB Jakarta, Rabu (12/6/2024).


Usulan dari PKB

Menurut Hasbiallah, PKB Jakarta juga terbuka apabila putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut hendak mencalonkan diri mendampingi Anies Baswedan sebagai calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada Jakarta 2024.

"Kita juga bersedia kalau Mas Kaesang memang mau mencalonkan wakil gubernur DKI. Kita juga sudah komunikasi dengan PSI," ucap dia.

Adapun DPW PKB Jakarta mengusulkan nama Anies ke DPP PKB berdasarkan berbagai pertimbangan. Di antaranya, merujuk hasil survei dan usulan internal DPW PKB Jakarta.

"PKB sudah melakukan survei, yang paham Jakarta itu Anies Baswedan," ujar Hasbiallah.

 


Kaesang soal Wacana Diduetkan dengan Anies atau Ridwan Kamil: Saya Siap dengan Siapapun

PSI
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, Kamis 8 Februari 2024. (Ist).

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep semakin terbuka soal kans dirinya maju di pertarungan Pilkada 2024, terlebih khusus untuk wilayah Jakarta. Hal ini merespons soal wacana dirinya akan diduetkan dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

"Kalau saya ditanya siap atau enggak, ya harus siap," kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Dia juga merespons siap saat ditanya peluangnya mendampingi mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang juga santer dikabarkan maju di Pilkada Jakarta.

"Siap juga," ungkap putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu.

Menurut Kaesang, di dalam politik harus melihat adanya peluang, sehingga siap dipasangkan dengan siapapun.

"Saya balik lagi, Namanya politik, kita ya enggak masalah kok dengan siapapun," kata dia.

Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya