Ridwan Kamil Pastikan Peduli Jakmania: Tapi Tak Mau Seolah Manfaatkan Sepak Bola untuk Politis

Ridwan Kamil menyebut, isu sosial dalam dunia olah raga tentu menjadi perhatiannya. Namun begitu, dia tidak mau langkahnya merangkul suporter sepak bola, dalam hal ini Jakmania malah dicap politis.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 01 Sep 2024, 20:50 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 20:50 WIB
Liga 1 Indonesia 2018 : Persib Bandung Vs Persija Jakarta
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat menyaksikan laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Persib menang 3-2 atas Persija. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil merespons soal langkah komunikasi dengan Jakmania, yang merupakan pendukung klub sepak bola Persija Jakarta. Seperti diketahui, isu rivalitas Jakmania dengan Bobotoh alias suporter Persib Bandung turut mewarnai sosok yang kerap disapa RK itu dalam kontestasi Pilkada 2024.

“Jadi poinnya adalah saya tidak ingin ada yang terlewat dalam pengurusan Jakarta. Dalam mengurus Jakarta itu dari budayanya, dari birokrasinya, termasuk budaya, olahraganya di dalamnya ada Jakmania,” tutur RK di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (1/9/2024).

RK menyebut, isu sosial dalam dunia olah raga tentu menjadi perhatiannya. Namun begitu, dia tidak mau langkahnya merangkul suporter sepak bola malah dicap politis. 

“Kemasyarakatan gimana kita cari yang paling pas buat semuanya. Saya juga tidak mau terlalu terlihat seolah-olah memanfaatkan sepak bola untuk hal-hal yang sifatnya politis. Tapi itu bagian yang diurus kalau nanti terpilih,” kata RK.

Sebelumnya, Bakal Calon Gubernur Jakarta (Bakal Cagub) Ridwan Kamil (RK) memaparkan sejumlah hal terkait visi-misinya di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024. Salah satunya, kata Ridwan Kamil, terkait dukungannya terhadap Persija, klub sepak bola asal Jakarta dan pendukung setianya Jakmania.

"Sepak bola tentu kita akan dukung, kita maksimalkan apalagi dengan brand dan klub Persija dengan Jakmania-nya yang luar biasa," ujar pria yang akrab disapa RK pada jumpa pers di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, Rabu (28/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siap Jadi Pelayan Warga Jakarta

Ridwan Kamil
Walikota Bandung, Ridwan Kamil, saat berada di kantor Persija di komplek SUGBK, Jakarta, Jumat (16/10/2015). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Selain merangkul Persija dan Jakmania, RK juga berkeinginan menjadi pelayan masyarakat Jakarta yang baik. Caranya, kata dia, dengan menerima seluruh opini warga baik yang mendukung dirinya ataupun tidak.

"Karena nanti kalau sudah terpilih, kami (bersama wakilnya Suswono) akan menjadi pelayan masyarakat karena tujuannya adalah melayani baik yang memilih maupun tidak memilih (dirinya sebagai kandidat cagub Jakarta)," ucap RK.

Kemudian, dia bersama Bakal Calon Wakil Gubernur (Bakal Cawagub) Suswono juga menjanjikan, sejumlah solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada di Jakarta, seperti banjir, polusi, dan kemacetan.


Siap Jadi Pemimpin yang Adil

Ridwan Kamil-Suswono Resmi Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
Pasangan Ridwan Kamil-Suswono mendapat dukungan penuh dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di samping itu, RK pun siap untuk menjadi seorang pemimpin yang adil untuk semua.

"Kami (siap) menghadirkan hal-hal baru, lompatan-lompatan baru pascaJakarta tidak lagi (menjadi) ibu kota, (kami) ingin (Jakarta) melompat menjadi kota global," yakin RK.

Ridwan Kamil berharap, dirinya bersama Suswono dapat diterima baik oleh warga Jakarta.

"Kami berdua datang dengan pengalaman mudah-mudahan bisa berkenan (diterima) warga Jakarta," RK menutup.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya