Kepemimpinan Khofifah Dinilai Berkapasitas Global, Dibutuhkan untuk Majukan Jatim

Kiai Asep menyebut, kompetensi mumpuni Khofifah tentunya terwujud tidak hanya dalam level nasional namun juga internasional.

oleh Tim News diperbarui 07 Okt 2024, 17:22 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2024, 14:13 WIB
Khofifah
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Kapasitas kepemimpinan Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa menjadi yang paling unggul dibanding figur lainnya di Pilgub Jatim 2024. Khofifah dinilai memiliki kepemimpinan berkapasitas global.

Ketua Umum Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) KH. Asep Saifuddin Chalim menyatakan kapasitas kepemimpinan tersebut sangat dibutuhkan oleh Jatim agar menjadi lebih maju ke depannya.

"Sisi kapasitas, beliau seorang yang luar biasa dalam kapasitas keilmuan globalnya. Itu yang dibutuhkan adalah keilmuan global," ujar Kiai Asep, Senin (7/10/2024).

Kiai Asep menyebut, kompetensi mumpuni Khofifah tentunya terwujud tidak hanya dalam level nasional namun juga internasional. Khofifah dia menilai terus menunjukkan kecakapan selama lima tahun menakhodai Jatim.

Kerja nyata Khofifah selama memimpin Jatim berbuah manis dengan turunnya angka kemiskinan ekstrem secara signifikan. Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) per Maret 2024, angka kemiskinan ekstrem di Jatim menjadi 0,66% atau sekitar 268 ribu penduduk.

Tentu hadirnya jumlah tersebut harus jauh menurun drastis dibanding angka kemiskinan ekstrem pada 2020 lalu. Di mana pada tahun itu angka kemiskinan ekstrem di Jawa Timur masih mencapai 4,40% atau sekitar 1,8 juta penduduk.

"Dapat dibuktikan di mana dalam setiap penampulannya beliau tatag bukan hanya dihadapan pemimpin nasional. Tetapi ketika behadapan dengan pemimpin berkaliber internasional," ungkapnya.

Olehnya dia mengatakan sosok Khofifah tentu menjadi pilihan konkret masyarakat saat ini. Sebab jiwa kepemimpinan Khofifah sudah terbentuk sejak sebelum menjabat Gubernur Jatim.

"Rekam jejak Ibu Khofifah pernah berada di legislatif dengan menjadi Anggota DPRI termuda. Kemudian tiga kali pernah menjadi menteri," tandasnya.


Khofifah-Emil Diharapkan Kembali Menang Pilgub

Pedagang Pasar Sayur Magetan memberikan dukungannya kepada pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak. Khofifah-Emil menjadi pilihan tepat lantaran punya kepedulian pada rakyat kecil.

Demikian disampaikan Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Sayur Magetan Gunadi saat mendampingi Khofifah saat blusukan ke Pasar Sayur Magetan. Khofifah hadir langsung disambut sambutan hangat para pedagang lalu berikan dua periode.

"Selama ini pejabat yang langsung bersentuhan dengan pedagang kami head to head dengan pedagang langsung hanya Ibu Khofifah," kata Gunadi di Magetan, Minggu (6/10/2024).

Dia menambahkan kehadiran Khofifah di pasar ini bukan menjadi yang pertama namun sudah ketiga kalinya. Karenanya sudah sangat terlihat besarnya perhatian Khofifah bagi para pedagang pasar.

"Beliau bukan yang pertama kali kalau tidak salah sudah ketiga, artinya kami optimistis beliau punya kepedulian nyata. Kedekatan beliau dengan Magetan dan sudah sangat sering," ungkapnya.

Dia menambahkan Khofifah menjadi figur pemimpin yang punya kepedulian nyata terhadap kepentingan rakyat kecil termasuk yakni bagi para pedagang Pasar Magetan. Karenanya pantas untuk dilanjutkan kepemimpinanya.

"Kami sangat berharap beliau bisa jadi lagi, karena kalau janji kami sudah terbiasa. Tapi ini sudah realitas beliau langsung menyambangi, berjabat tangan, berpelukan, menyampaikan ide gagasan dengan para pedagang secara baik. Ini sangat luar biasa," ucapnya.  2 dari 2 halaman

Infografis 3 Survei Terbaru Elektabilitas Bakal Cagub Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Survei Terbaru Elektabilitas Bakal Cagub Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya