Trofi Bisa Jadi Pajangan Cantik di Rumah

Trofi penghargaan tidak selalu menjadi barang mati yang tak berguna. Tetapi bisa mejadi pajangan cantik

oleh Kantrimaharani diperbarui 04 Mei 2016, 12:00 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2016, 12:00 WIB
Trofi Bisa Jadi Pajangan Cantik di Rumah
Trofi penghargaan tidak selalu menjadi barang mati yang tak berguna. Tetapi bisa mejadi pajangan cantik

Liputan6.com, Jakarta Trofi, medali, maupun plakat adalah sebuah bukti pencapaian seseorang. Karena itu, benda-benda ini menjadi bagian dari pajangan di rumah. Namun, banyaknya detail membuat benda ini sulit dirawat.

Menyimpan penghargaan di rumah selain sebagai pembuktian diri juga sebagai sebagai rekam sejarah bagi generasi penerus.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak biasanya juga mendapatkan sejumlah penghargaan seperti trofi, medali, dan plakat. Akan tetapi, barang kebanggaan tersebut bisa menjadi masalah dalam rumah jika tidak dirawat dan ditata dengan benar.

Debu-debu ruangan akan menempel di permukaan dan akan menebal bila dibiarkan terlalu lama. Akibatnya, pernak-pernik ini menjadi kusam. Kalau sudah begini, daya tariknya pun berkurang, bahkan mengganggu kesehatan..

Agar penghargaan Anda tetap terjaga penampilannya, lakukan empat hal berikut:

1. Bersihkan penghargaan (plakat dan mendali) dengan kain basah yang berserat halus. Khusus untuk trofi yang terbuat dari kuningan dan resin, hindari menggunakan cairan yang mengandung kimia. Cukup bersihkan menggunakan kain kering bersih berbahan halus, agar tidak merusakan permukaan trofi.

2. Simpanlah penghargaan di tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak berusia 2 – 5 tahun.Karena di usia tersebut, biasanya anak-anak akan mulai belajar berjalan, dan senang untuk mengambil barang-barang yang menurut mereka menarik perhatian. Sebaiknya, Anda simpan pada rak, etalase, atau lemari.

3. Lapisi alas trofi dengan bahan alus atau lembut agar tidak tergores oleh debu yang kasar.

Sesudah dibersihkan, sejumlah penghargaan, baik trofi, plakat, dan medali bisa disusun menggunakan rak atau bisa juga dengan kreasi menarik sesuai estetika desain interior.

Dilansir dari lama www.rumah.com, berikut empat contoh cara menyusun sejumlah penghargaan yang bisa Anda terapkan di rumah.

Model rak penghargaan ini merupakan rak sederhana yang bisa menyimpan semua jenis penghargaan. Untuk menghemat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. (sumber: pinterest).

Rak trophy ini terbuat dari papan tulis yang disulap menjadi lemari trophy. Karya desain dari Shanty-2-Chic ini benar-benar memanfaatkan bahan sisa untuk bisa digunakan kembali. (sumber: pinterest)

Contoh berikut ini bisa menjadi figura penyimpanan lencana dan mendali. Anda juga bisa menyusunnya dengan rapi. (sumber: pinterest).

Selain menggunakan papan, Anda juga bisa memanfaatkan dinding untuk menggantungkan mendali. Ide ini terlihat rapih dan menarik. (sumber: pinterest).

Feature picture: pixabay.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya