9 Desain Jendela yang Unik dan Fungsional

Bagi Anda yang sedang membangun rumah atau sedang mencari bentuk jendela unik, berikut ada beberapa ide kreatif yang dapat ditiru.

oleh Liputan6 diperbarui 23 Mei 2016, 15:01 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2016, 15:01 WIB
9 Desain Jendela yang Unik dan Fungsional
Bagi Anda yang sedang membangun rumah atau sedang mencari bentuk jendela unik, berikut ada beberapa ide kreatif yang dapat ditiru.

Liputan6.com, Jakarta Selain tempat masuknya cahaya dan sirkulasi udara, jendela juga berfungsi memperindah sebuah ruangan. Oleh karenanya, model jendela pun bermacam-macam.

Bagi Anda yang sedang membangun rumah atau sedang mencari bentuk jendela unik, berikut beberapa ide kreatif dari Rumah.com yang dapat ditiru.

Jendela dengan frame pohon

picture 1 (forbes.com)

Ide dasarnya, batang pohon dijadikan sebagai frame jendela. Alhasil, Anda akan merasa berada di antara pepohonan pada saat melihat keluar jendela. Model jendela ini sangat pas jika digunakan untuk rumah-rumah dengan gaya rustic yang menekankan elemen arsitektur alam dengan menggunakan material kayu dan batu alam.

Jendela model garasi

picture 2 (forbes.com)

Ide awalnya membuat jendela dengan mekanisme pintu garasi. Sehingga jendela dibuka dengan cara digeser ataupun ditarik. Dengan nuansa industri, jendela model ini cocok untuk bangunan bergaya urban, modern, kontemporer, dan industri.

Jendela bertaman

picture 3 (forbes.com)

Ide jedela model ini, menciptakan nuansa asri ketika Anda melihat keluar jendela. Pada bagian depan dipasang kotak panjang yang bertujuan untuk ditanami tumbuhan. Jendela model ini pas untuk bangunan bergaya urban, modern, dan kontemporer.

Jendela Perancis

picture 4 (design.stickboykitchen.com)

Model ini tidak menggunakan mekanisme engkol jendela dua pintu. Ciri khasnya terletak pada bentuk jendela yang tinggi seperti pintu yang dapat diayunkan ke depan dan ke belakang sekaligus. Paling ideal dipasang jika jendela langsung terhubung dengan taman, namun jendela model ini dapat digunakan untuk beragam jenis rumah.

Jendela angled

picture 5 (forbes.com)

Jendela dengan model ini dipasang miring pada sebuah kamar. Jendela model ini populer di tahun 1950-an dan cocok untuk kamar yang langsung terhubung dengan ruang luar. Model angled tepat digunakan untuk rumah bergaya modern dan kontemporer.

Jendela pivoting

picture 6 (forbes.com)

Jendela pivoting dikenal juga sebagai jendela berputar. Memiliki poros di tengah dan dibuka dengan cara mendorong salah satu sisi jendela. Jendela model ini memakan ruang yang banyak sehingga memerlukan perencanaan ruang yang pasti. Meskipun demikian jendela ini memiliki nilai arsitektural yang tinggi. Pivoting sangat tepat untuk beragam jenis rumah.

Jendela vertikal

picture 7 (forbes.com)

Jendela jenis ini memiliki panel tinggi dengan framing kayu. Model ini akan dapat digunakan pada ruangan dengan langit-langit tinggi. Pas untuk rumah bergaya rustic, modern, kontemporer, dan bungalow.

Jendela bifold

picture 8 (forbes.com)

Anda dapat menggunakan model ini jika menginginkan jendela yang lebar. Konsep bifold memungkinakan jendela dibuka dan ditutup dengan cara melipat bagian-bagiannya. Model ini sangat tepat untuk beragam gaya rumah.

Jendela low hopper

picture 9 (forbes.com)

Model ini menggunakan jendela tambahan di bawah jendela utama. Dengan ada tambahan memungkinkan sirkulasi udara yang lebih besar di kamar. Model ini pas untuk rumah bergaya bungalow dan tradisional.

Astrid Septriana

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya