Panduan Mendesain Kamar Tidur untuk Remaja

Apakah Anda sedang mencari inspirasi untuk kamar tidur anak usia remaja? Jika iya, berikut inspirasinya.

oleh Kantrimaharani diperbarui 05 Sep 2016, 12:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2016, 12:00 WIB
Inspirasi desain kamar tidur remaja
Apakah Anda saat ini sedang mencari inspirasi untuk kamar tidur anak yang sudah tumbuh menjadi remaja? Jika iya, berikut inspirasinya.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda saat ini sedang mencari inspirasi untuk kamr tidur anak yang mulai beranjak remaja?

Jika ya, sebelum memutuskan desain kamar, Anda harus mengetahui dahulu karakteristik remaja dalam memandang sebuah desain kamar tidur.

Terkadang, seorang remaja memiliki pandangan yang berbeda terhadap kamar tidur daripada orang dewasa – di luar tempat tidur.

Kamar tidur adalah area favorit para remaja. Karena berawal di kamar tidur, mereka bisa menuangkan ide menarik.

Untuk prinsip merancang desain kamar tidur yang tepat untuk remaja adalah dengan tetap mengedepankan karakteristik mereka, minat dan hobi mereka, dan harus up-to-date tentunya.

Selain itu, ide desain kamar tidur harus mencakup fungsi khusus untuk usia mereka, serta terlihat bagus. Berbeda dengan orang dewasa yang lebih memilih desain kamar tidur yang tenang dan nyaman.

Berikut ini catatan penting untuk Anda sebelum merancang desain kamar tidur anak remaja, seperti dilansir dari laman Rumah.com:

Catatan 1 – Buat Menjadi Ruang Multiguna

Inspirasi desain kamar tidur untuk remaja yang menggunakan konsep vertikal dan minimalis (freshome.com)

Pertama, Anda harus tanamkan bahwa kamar yang akan didesain tidak hanya sekedar untuk ruang tidur saja. Melainkan, bisa menjadi ruang yang bisa memberikan kesempatan eksplorasi minat dan bakat sang anak.

Selain nyaman untuk tidur, ruang ini juga bisa menjadi ruangan yang nyaman untuk bergaul, belajar, serta bersosialisasi.

Apabila ukuran kamar terbatas, Anda bisa menyiasati dengan konsep vertikal. Misalnya dengan mengguankan meja dan kursi lipat berukuran tidak terlalu besar, serta posisi yang rapat dengan dinding bisa terlihat lebih luas dan nyaman.

Tambahkan juga karpet tebal yang nyaman pada lantai, agar anak dan teman-teman Anda merasa nyaman saat berbincang-bincang atau belajar.

Catatan 2 – Gunakan Artwork Berupa Murral pada Dinding

Inspirasi kamar tidur remaja dengan murral (freshome.com)

Berbeda dengan orang dewasa yang lebih menyukai warna yang lebih tenang, para remaja lebih menyukai ruangan dengan warna yang penuh warna. Salah satu pusat desain pada kamar adalah bagian dindingnya.

Dinding juga bisa diterapkan dengan graffiti (freshome.com)

Dinding harus menerapkan warna cerah, memiliki konsep gambar tertentu, bisa menggunakan graffiti, atau bisa menggunakan pilihan warna-warna neon terang.

Catatan 3 – Pilihlah Furnitur yang Ceria

Contoh desain kamar tidur dengan pemilihan furnitur menarik (freshome.com)

Selanjutnya, sebagai pemanis ruangan, pilihlah furnitur yang ceria dan bisa memberikan fasilitas penunjang yang nyaman di dalam kamar.

Seperti gambar di atas, tidak ada salahnya bila Anda menerapkan ayunan dengan model unik atau lampu bergaya rustic yang menarik.

Catatan 4 – Tempat Penyimpanan

Desain kamar tidur dengan penyimpanan (freshome.com)

Terakhir, adalah mendesain tempat penyimpanan. Misalnya meja rias, rak buku, tempat sampah, bangku penyimpanan, kabinet pada dinding di sekitar tempat tidur. Furnitur-furnitur ini bertujuan untuk menggabungkan fungsi dengan kepribadian unik remaja Anda.

Feature picture: freshome.com

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya