4 Pilihan Finishing Cat Dinding untuk Setiap Ruangan

Sesuai dengan jenis dan efek tampilannya, cat dinding dapat disesuaikan dengan ruangan di rumah Anda.

oleh boyleonard diperbarui 19 Sep 2016, 16:36 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2016, 16:36 WIB
20160919-pilih finishing cat dinding-rumahcom-boy
Sesuai dengan jenis dan efek tampilannya, cat dinding dapat disesuaikan dengan ruangan di rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Mengganti warna cat dinding di rumah memang dapat mengubah suasana rumah Anda. Saat pengecatan selesai, rumah jadi terasa baru, bersih, dan juga nyaman dilihat. Namun, sebelum mengecat rumah, pastikan bahwa jenis cat yang digunakan memang tepat untuk ruangannya.

Tapi apakah Anda benar-benar tahu dan memahami peruntukan dari masing-masing jenis cat dinding? Sesuai dengan jenis dan efek tampilannya, cat dinding dapat disesuaikan dengan ruangan di rumah Anda. Seperti ini misalnya.

Sesuai dengan jenis dan efek tampilannya, cat dinding dapat disesuaikan dengan ruangan di rumah Anda.

Tipe matte atau doff

Saat diaplikasikan pada dinding, cat ini seakan meresap dan sangat menempel. Sedikit memberikan efek kilap pada permukaannya namun tetap terlihat lembut.

Cat dinding doff biasanya lebih tahan terhadap cuaca dan panasnya sinar matahari, sehingga cocok untuk digunakan pada dinding luar rumah. Efeknya yang lembut juga membuat cat dinding cocok digunakan untuk kamar tidur Anda.

Tipe eggshell

Sesuai dengan namanya, tampilannya memang mirip kulit telur, sedikit bertekstur namun tetap halus. Dibandingkan cat matte, eggshell tidak terlalu memantulkan sinar matahari, dan lebih mudah dibersihkan permukaannya.

Anda bisa menggunakannya tipe cat ini di ruang tamu atau ruang keluarga.

Tipe satin

Tampilannya mewah namun tidak glossy, dan juga tidak terlalu menempel seperti matte. Saat Anda menyentuhnya, tipe cat satin terasa lembut di tangan.

Biasanya digunakan untuk ruang galeri atau ressto dengan warna efeknya yang teduh dan tidak memantulkan cahaya. Meski begitu tipe cat ini cukup mudah dibersihkan sehingga cocok untuk kamar tidur dan ruang tamu.

Tipe glossy

Ada dua macam glossy yaitu high gloss dan semi gloss. High gloss cenderung memantulkan cahaya sehingga terlihat berkilau namun sangat mudah dibersihkan. High gloss sangat pas untuk eksterior yang sering terpapar sinar, misalnya untuk pilar rumah Anda.

Sedangkan semi gloss memiliki tingkat kilap yang lebih rendah dan tidak mudah mengelupas. Gunakan cat semi gloss untuk ruangan yang mudah terpapar noda, misalnya dapur dan kamar mandi.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya