Tips Menghemat Ruang di Dapur Kecil

Merasa tak nyaman karena ruang dapur yang kecil? Ikuti tips berikut ini.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 19 Sep 2016, 20:07 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2016, 20:07 WIB
20160920-tips tata dapur-rumahcom-boy
Merasa tak nyaman karena ruang dapur yang kecil? Ikuti tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Hanya karena Anda tidak memiliki ruang di dapur untuk kompor enam tungku, bak cuci piring model ganda, atau lemari es berukuran besar, bukan berarti Anda harus mengorbankan fungsi atau gaya.

Karena itu, berikut adalah 10 cara yang dilansir Rumah.com untuk memaksimalkan ruang di dapur Anda, dari yang berskala kecil menjadi dapur dengan opsi penyimpanan yang detail dan inovatif, plus membuat tampilannya lebih cantik.

1. Kecil tapi dengan perangkat yang hebat.

Ganti peralatan Anda yang sudah tua, seperti kompor dan lemari es, dengan ukuran yang lebih kecil namun tanpa harus mengorbankan gaya.

Beberapa merek terkenal kini juga telah membuat model untuk ruang berukuran kecil, sehingga sesuai dan memudahkan acara masak-memasak Anda.

2. Gunakan bak cuci piring model tunggal.

Model tunggal yang sederhana daripada bak cuci piring model ganda tentunya lebih hemat ruang. Bak cuci piring tunggal yang berukuran kecil ini membuat ruang dapur jadi terasa luas.

Perbedaan model ini terletak dari cara pemasangannya saja yang dari bawah.

3. Pasang tempat penyimpanan di dinding.

Punya sedikit ruang kosong di dinding? Jangan hanya buat menggantung kalender atau karya seni saja – gunakan dinding tersebut untuk memasang deretan rak mulai dari lantai hinggga ke langit-langitnya.

Gantungkan lap di atas tiangnya, gunakan kait model huruf S untuk menggantung alat-alat dapur dan pasang juga rak pisau magnetik.

Cat dinding penyimpanannya dengan warna hitam, sehingga terlihat makin berkelas.

Jangan berhenti pada satu baris saja, manfaatkan semua ruang yang Anda punya. Dan perhatikan pada kedua foto ini, pemilik rumah mengecat dinding penyimpanannya dengan warna hitam, sehingga terlihat makin berkelas.

4. Ala MacGyver.

Manfaatkan setiap ruang di perabot untuk penyimpanan.

Alih-alih mengggantung semua peralatan di dapur, coba buat wadah penyimpanan untuk menampung semua perangkat secara terpadu dalam sebuah tempat.

Wadah buatan yang ditampilkan di sini memuat bak cuci piring, kompor, tempat mengolah makanan, tempat penyimpanan untuk panci, wajan, pisau, rempah-rempah, dan tempat sampah. Dan pada sisi yang lainnya juga tedapat ruang bagi beberapa orang untuk duduk-duduk di bangku.

5. Rak model tarik.

Rak model ramping bisa diaplikasikan pada ruang yang sempit.

Tidak ada cukup ruang lagi? Rak model ramping bisa diaplikasikan pada ruang yang sempit, bahkan barang yang diletakan pada bagian belakkang pun tetap mudah diakses dengan rak model ini.

6. Perangkat minimalis.

Pencahayaan yang tepat juga penting bagi dapur yang sempit.

Ini mungkin memang hal sepele, tetapi bagi dapur yang benar-benar sempit, hal-hal yang terlihat dan terasa ramping sangat penting. Jadi gunakan saja laci dengan pegangan tarikan yang minimalis. Pencahayaan yang tepat juga penting bagi dapur yang sempit.

7. Lemari kabinet hingga ke langit-langit.

Lemari setinggi langit-langit juga dapat membantu visual, memperluas ruang.

Kenapa pasang lemari kabinet yang pendek jika memang bisa dipasang setinggi langit-langit? Ruang tersebut bisa jadi pilihan untuk ruang penyimpanan. Lemari setinggi langit-langit juga dapat membantu visual, memperluas ruang.

9. Tanpa pintu.

Menyopot pintu membuat ruang ekstra sehingga kemungkinan Anda tersenggol saat sedang memasak sangat kecil.

Menyopot pintu dapur juga membuat ruangannya yang kecil jadi jauh terrasa lebih besar. Lebih baik lagi juga jika menghilangkan tembok pembatas ruangnya.

Membuka dapur juga bukan sekadar gaya – tapi juga membuat ruang ekstra sehingga kemungkinan Anda tersenggol saat sedang memasak sangat kecil.

9. Pilah-pilih barang.

Membuat pengupas kembali suatu bentuk seni. Pertahankan yang terbaik dan singkirkan yang jelek. Simpan hanya pisau terbaik, set gelas favorit Anda, teko yang kerens, alat-alat dapur yang paling sering digunakan dan sebagainya.

Anda harus tegas ketika akan membereskan barang-barang. Dan tidak ada salahnya untuk memilih kaca bening dan akrilik untuk barang yang Anda simpan untuk dipajang. Tampilan yang transparan membuat ruangan terasa lebih lega.

Foto: Forbes.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya